Jumat, 02 Nov 2018 08:48 WIB

Duh! Dikira Tumor, Dokter Salah Operasi Ginjal Sehat Wanita Ini

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Waduh, dokter ini salah ambil ginjal yang sehat karena dikira tumor! Foto: ilustrasi/thinkstock Waduh, dokter ini salah ambil ginjal yang sehat karena dikira tumor! Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Salah mengira tumor kanker, seorang dokter di Florida mengangkat ginjal sehat milik Maureen Pacheco (53). Maureen pernah mengalami kecelakaan mobil beberapa tahun yang lalu, menyebabkan bagian bawah punggungnya terus-terusan nyeri.

Dikutip dari DailyMail, ia akhirnya memutuskan untuk mengoperasinya pada tahun 2016 lalu. Saat itu ia memilih seorang dokter bedah dengan latar belakang yang sangat bagus dan berpengalaman selama puluhan tahun.


Akan tetapi pada saat operasi sang dokter melihat adanya sebuah gundukan di area pelvisnya dan langsung menyebut kondisinya darurat. Ia memutuskan untuk mengambil gundukan yang disangkanya adalah tumor kanker, untuk mengetahui bahwa sebenarnya itu adalah ginjal yang masih sehat.

Ternyata Maureen memiliki cacat lahir langka di mana ginjalnya berada di area pelvis. Pindaian Magnetic resonance imaging (MRI) menunjukkan kedua ginjalnya, namun sepertinya sang dokter tak melihatnya. Saat Maureen sadar dari efek bius, ia terkejut saat diberitahu dokter salah mengambil ginjalnya.

Selama dua tahun terakhir, Maureen menuntut ketiga dokter yang menanganinya serta pihak rumah sakit karena lalai menginfokan kepada sang dokter perihal hasil pindaian MRI yang menunjukkan ginjalnya tersebut. Kini Maureen harus hidup dengan satu ginjal yang berisiko terkena penyakit ginjal kronis dan gagal ginjal.

"Kamu bisa bayangkan, saat seseorang hendak mengoperasi punggung, dia tidak akan pernah mengira akan bangun dan diberitahu saat sadar dari efek bius, bahwa salah satu ginjalnya tak semestinya dibuang," ungkap pengacara Maureen, Donald J Ward.

(frp/up)
News Feed