Sabtu, 03 Nov 2018 18:58 WIB

Gaya Hidup Milenial Dinilai Tak Sehat, Berpotensi Membebani Negara

Rosmha Widiyani - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Generasi milenial berisiko menjadi beban negara akibat mengidap penyakit tidak menular. Risiko ini bisa ditekan bila ada kesadaran untuk melakukan upaya pencegahan sejak dini.

"Kesadaran inilah yang harus segera dibangun generasi milenial. Jika milenial sakit maka produktivitasnya menurun, yang bisa mengancam masa depan dan perekonomian keluarga dan negara," kata Ketua Pelaksana Reuni Universitas Brawijaya Misbah, ditemui di acara Rembuk Nasional 2018 di Hotel Grand Sahid Jakarta Pusat, Sabtu (3/11/2018).

Sayangnya kesadaran upaya pencegahan generasi milenial masih minim. Menurut Misbah, hal ini diakibatkan masih tidak jelasnya info yang menyatakan Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti diabetes, kanker, dan sebagainya bisa diobati hingga tuntas.


Padahal, penanganan penyakit PTM perlu modifikasi sepanjang hayat. Makanan, gerak, dan obat terus berubah bergantung kondisi pasiennya. Penanganannya juga tidak murah yang menjadi beban bagi negara.

PTM sebetulnya bisa dicegah dengan gaya hidup sehat. Tidak merokok, olahraga, serta cukup makan sayur dan buah bisa mencegah milenial terkena PTM di usia 40. Hasilnya milenial bisa menyiapkan masa depan yang lebih baik bagi diri dan lingkungannya.

(Rosmha Widiyani/up)