Selasa, 06 Nov 2018 11:06 WIB

Apa yang Dirasakan Ketika Turun Hujan, Lapar atau Teringat Mantan?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Berbagai perasaan tak terduga bermunculan saat turun hujan. (Foto: iStock) Berbagai perasaan tak terduga bermunculan saat turun hujan. (Foto: iStock)
Jakarta - Curah hujan diperkirakan meningkat dalam beberapa hari ke depan. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga telah mengingatkan untuk mewaspadai risiko banjir, angin kencang, pohon tumbang, serta dampak terkait lainnya.



Dampak yang lebih personal juga dialami oleh sebagian orang setiap kali turun hujan. Beberapa orang mengalami perasaan galau tidak menentu ketika hujan turun, yang dikenal juga sebagai seasonal affective disorder (SAD).

Fenomena ini menjelaskan banyak hal. Sebuah riset di Jepang menyebut proporsi kejadian bunuh diri tercatat paling tinggi ketika cuaca mendung atau turun hujan selama 3-7 hari berturut-turut.



Risiko depresi, dalam beberapa riset ilmiah, juga mengalami peningkatan pada saat cuaca mendung atau tidak ada matahari. Tidak aneh pula jika banyak yang mendadak teringat mantan ketika turun hujan.



Cuaca saat hujan juga berdampak secara fisik. Beberapa orang mengaku jadi cepat lapar ketika turun hujan, diyakini karena temperatur lingkungan lebih rendah sehingga tubuh butuh kalori lebih banyak untuk menghangatkan diri.

Nah kalau kamu, apa yang dirasakan ketika turun hujan? Isi polling berikut ini ya, sertakan alasannya jika ada.



(up/fds)
News Feed