Selasa, 06 Nov 2018 19:03 WIB

Pemeriksaan Gen Ternyata Banyak Fungsinya, Cukup Sekali Seumur Hidup

Widiya Wiyanti - detikHealth
Pentingnya pemeriksaan gen, cukup sekali seumur hidup. Kenapa? Foto: Thinkstock Pentingnya pemeriksaan gen, cukup sekali seumur hidup. Kenapa? Foto: Thinkstock
Jakarta - Semakin hari semakin meningkat pesat teknologi berbarengan dengan penelitian-penelitian. Salah satunya penelitian di bidang kesehatan, yaitu pemeriksaan gen.

Gen adalah unit pewarisan sifat bagi organisme hidup. Pemeriksaan gen sendiri sangat penting untuk mengetahui risiko-risiko masalah kesehatan yang mungkin bisa kita alami.

Dokter spesialis gizi klinik, dr Fiastuti Isbandi Witjaksono, SpGK mengatakan bahwa pemeriksaan gen sangat bermanfaat untuk mencegah atau mendeteksi dini suatu penyakit.

"Jadi tahu, oh penyerapan kalsium di saya itu nggak bagus, vitamin D saya nggak bagus, maka saya harus benar-benar mencukupi kebutuhan kebutuhan kalsium saya supaya saya nggak osteoporosis. Kira-kira gitu," ujarnya kepada detikHealth saat ditemui di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Salemba, Jakarta Pusat, Selasa (6/11/2018).


Pemeriksaan gen menggunakan sampel air liur. Namun, seseorang yang akan menjalani pemeriksaan ini wajib tidak makan apapun dalam waktu tiga jam sebelum pemeriksaan.

Sayangnya, pemeriksaan gen ini belum diteliti di Indonesia. Belum ada database dari gen orang-orang Indonesia. Sehingga, yang ingin melakukan pemeriksaan ini setidaknya harus pergi ke negara tetangga, Singapura misalnya.

"Kalau kita periksa di Singapura kita pake database orang Singapura. Misal, ternyata gen-gen ini yang berperan pada kardio-metabolik," tutur dr Fiastuti.

Untuk yang ingin mencoba menjalani pemeriksaan gen ini, biayanya berkisar sekitar 10 juta rupiah. dr Fiastuti berharap ada penelitian yang memungkinkan pemeriksaan ini bisa dilakukan di Indonesia, sehingga biayanya pun lebih murah.

(wdw/up)