Rabu, 07 Nov 2018 10:17 WIB

Catat! Ini Bedanya Obesitas dan Overweight

Yoga Radyan Nalendra - detikHealth
Ilustrasi obesitas. Foto: thinkstock Ilustrasi obesitas. Foto: thinkstock
Jakarta - Kebanyakan orang awam mendefinisikan obesitas dan overweight adalah dua hal yang sama, akan tetapi kedua hal tersebut sangatlah bertolak belakang.

Menurut dokter spesialis anak, dr titis prawitasari SpA(K), overweight atau biasa disebut kelebihan berat badan adalah keadaan di mana berat badan (BB) seseorang melebihi BB normal.

"Overweight di samping yang kita tahu secara umum kelebihan berat badan, tetapi bisa juga massa otot di dalam tubuh makin membesar. Itu bisa disebut dengan overweight," ujarnya saat ditemui detikHealth di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Selasa (6/11/2018).


Sedangkan obesitas adalah kondisi di mana lemak tubuh berada dalam jumlah yang berlebihan. Kondisi ini termasuk penyakit kronik yang sebenarnya bisa diatasi.

Yang membedakan antara overweight dan obesitas yaitu terletak pada body mass index (BMI) atau bisa disebut indeks masa tubuh. BMI didapat dengan cara membagi berat badan (kg) dengan berat badan kuadrat dan tinggi badan (meter).
"Kalau pada anak (BMI) berbeda dengan dewasa, cara ngukurnya memakai chart atau kurva. Kalau overweight menurut CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Amerika Serikat) dipersenti 85-95 sedangkan obesitas di atas 40. Jadi itu lebih reflecting terhadap akumulasi lemak," jelasnya.






Tonton juga 'Olahraga Ini Cocok Buat Kamu yang Overweight!':

[Gambas:Video 20detik]

(wdw/wdw)
News Feed