Kamis, 08 Nov 2018 09:35 WIB

Malas Minum karena Takut Beser? Wajar, Toiletnya Jorok Sih

Yoga Radyan Nalendra - detikHealth
Anak sekolah kadang malas minum karena jadi beser sementara toiletnya jorok (Ilustrasi sekolah: Wisma Putra) Anak sekolah kadang malas minum karena jadi beser sementara toiletnya jorok (Ilustrasi sekolah: Wisma Putra)
Jakarta - Kebiasaan minum air yang cukup harus ditanamkan sejak anak-anak. Salah satu tantangannya adalah risiko beser, sementara kebersihan toilet di sekolah sering tidak terjaga sehingga anak jadi malas minum.

"Gimana anak mau sering minum, jika dia melihat toilet di sekolah maupun di rumahnya terlihat kotor. Faktor-faktor sepele seperti itulah yang membuat anak makin susah untuk minum air putih," kata ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG), Prof dr Budi Wiweko, SpOG(K) MPH, Rabu (8/11/2018).



Ditemui di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Salemba, Jakarta Pusat, pria yang akrab disapa dr Iko ini mengingatkan pentingnya minum air putih dan menghindari minuman manis. Di usia 10-20 tahun, ginjal berisiko mengalami inflamasi kronis juga terlalu banyak mengonsumsi minuman manis.

Ada banyak cara yang dilakukan untuk menanamkan kebiasaan minum air, salah satunya lewat komik edukasi, jingle atau lagu, maupun games. IHWG melakukannya lewat program AMIR alias 'Ayo Minum Air'. Berbagai sarana edukasi juga diberikan pada para guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).

(up/up)
News Feed