Senin, 12 Nov 2018 11:15 WIB

Ini yang Sebenarnya Terjadi di Otak Saat Merasa Sedih

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Aktivitas otak di area tertentu meningkat saat sedang sedih (Foto: iStock) Aktivitas otak di area tertentu meningkat saat sedang sedih (Foto: iStock)
Jakarta - Para ilmuwan mengungkap aktivitas otak yang terjadi saat seseorang merasa sedih. Dalam kondisi suasana hati yang tidak baik, teramati ada peningkatan aktivitas pada area otak yang terlibat dalam memori dan emosi.

Tidak diketahui pasti apakah interaksi ini merupakan sebab atau efek dari suasana hati yang buruk. Dikutip dari Livescience, temuan ini menunjukkan bahwa di area itulah perasaan sedih sebenarnya terjadi.

"Bagi banyak pasien, sangat penting untuk tahu bahwa ketika mereka merasa depresi, itu adalah karena sesuatu yang bisa diukur dan konkret di otak mereka," kata Dr Vikaas Sohal, pakar kesehatan jiwa dari University of California yang melakukan penelitian tersebut.



Dalam penelitiannya, Dr Sohal menggunakan teknik yang disebut intracranial electroencephalography (EEG). Dengan teknik tersebut, ia menanamkan elektroda di otak untuk memantau aktivitas elektronik yang terjadi.

Berbagai penelitian sebelumnya dilakukan dengan fMRI (Functional Magnetic Resonance Imaging), yang memantau perubahan aliran darah. Teknik tersebut dinilat tidak bisa mengukur aktivitas otak yang terjadi dalam skala waktu sangat cepat.

(up/up)
News Feed