Senin, 12 Nov 2018 19:54 WIB

Perdarahan Usai Sedot Lemak, Wanita Ini Laporkan Klinik ke Polda Metro Jaya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Alami perdarahan usai sedot lemak, wanita ini lapor ke Polda Metro Jaya. Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth Alami perdarahan usai sedot lemak, wanita ini lapor ke Polda Metro Jaya. Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth
Jakarta - Irene (37), seorang wanita di Jakarta, alami perdarahan seusai menjalani operasi laser liposuction di salah satu klinik daerah Jakarta Selatan pada 13 Agustus 2018 lalu. Sehari setelah menjalani operasi tersebut, Irene dilarikan ke rumah sakit dan didiagnosis mengalami infeksi dan multiple organ failure.

"Sebulan sebelumnya, Bu Irene sudah bikin appointment dan menghubungi klinik tersebut untuk konsultasi sama dokter yang akan melakukan bedah atau tindakan laser liposuction tersebut," kata Herna Sutana, pengacara Irene, saat dijumpai detikHealth di daerah Jakarta Selatan, Senin (12/11/2018).

Rencana awal, akan dilakukan pengambilan lemak di bagian pangkal paha dalam dan luar. Konsultasi sempat dilakukan selama dua kali sebelum melakukan tindakan dan tetap pada rencana awal untuk operasi di bagian paha dalam dan luar.

"Tanggal 13 Agustus, Ibu Irene sudah melakukan persiapan untuk operasi dan melakukan medical check up dan dinyatakan layak operasi. Nah pada saat dokter mau menggambar bagian yang akan dioperasi, dokternya bilang enggak perlu untuk liposuction paha luar, diganti perut saja. Di sini Irene sudah yaudahlah yang mana baiknya saja kata dokter karena pihak klinik juga ngasih tahunya last minute, tidak ada posisi tawar pada saat itu dan ternyata menambah biaya," lanjutnya.

Irene (37) melakukan sedot lemak di sebuah klinik.Irene (kanan) melakukan sedot lemak di sebuah klinik. Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth

Langsung masuk UGD (Unit Gawat Darurat) lalu ICU (Intensive Care Unit) dan hasil yang kita terima dari dokter yang merawat ada luka di paha dalam, luka lebam yang luar biasa, ada keterangan juga bahwa Irene mengalami septic shock, infeksi, dan kegagalan fungsi organ,Herna Sutana, Pengacara Irene
Pasca operasi, Irene mengalami mual, sesak napas, perut mulas serasa ingin buang air. Semenjak itu, ia juga mengaku kesulitan tidur dan menggigil sehingga pada keesokan harinya mengalami perdarahan.

"Langsung masuk UGD (Unit Gawat Darurat) lalu ICU (Intensive Care Unit) dan hasil yang kita terima dari dokter yang merawat ada luka di paha dalam, luka lebam yang luar biasa, ada keterangan juga bahwa Irene mengalami septic shock, infeksi, dan kegagalan fungsi organ," tambahnya.

Irene menyayangkan tidak adanya itikad baik dari klinik sehingga ia mengajukan tuntutan ke Polda untuk diselesaikan melalui jalur hukum.

"Kita awalnya ingin diselesaikan secara kekeluargaan saja, tapi kayaknya dari mereka seperti tidak mengapresiasi kehidupan seseorang. Saya hanya minta keadilan saja di sini," pungkas Irene.

(Khadijah Nur Azizah/up)
News Feed