Selasa, 13 Nov 2018 13:30 WIB

Kisah Adul Bocah Difabel yang Pernah Alami Katarak

Widiya Wiyanti - detikHealth
Adul bersama sang ibu. Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth Adul bersama sang ibu. Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth
Jakarta - Adul si bocah difabel yang telah menginspirasi banyak orang dengan kegigihannya merangkak ke sekolah berjarak tiga kilometer, ternyata pernah mengalami gangguan mata katarak saat usianya 1,5 tahun.

Ditemui detikHealth, ibunya, Pipin (45) bercerita bahwa anaknya dengan nama lengkap Muklis Abdul Kholik itu di mata kirinya ada suatu titik kecil yang tidak disangka adalah merupakan tanda awal katarak.

"Waktu umur satu tahun setengah dioperasi katarak. Awal mula tahu kan ada titik kecil, terus sebulan dibiarin jadi besar besar," ujarnya di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (13/11/2018).

"Dibawa ke dokter mata, ini katarak. Terus langsung operasi," lanjutnya.


Adul merangkak ke sekolahnya yang berjarak 3 km.Adul merangkak ke sekolahnya yang berjarak 3 km. Foto: Syahdan Alamsyah


Setelah itu hingga saat ini, penglihatan Adul tidak pernah bermasalah. Gurunya yang juga wali kelas tiga SDN 10 Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Euis Khadijah (53) mengatakan tidak ada masalah pada Adul saat mengenyam pendidikan.

"Duduk di belakang lihat ke depan papan tulis nggak ada masalah. Bagus, nggak ada kendala," tuturnya.

Pipin pun menjelaskan bahwa kondisi yang dialami Adul saat ini terjadi sejak ia dilahirkan. Terlahir dengan kondisi prematur, bobot Adul saat itu hanya 1,4 kilogram.

Mengaku sempat syok, namun Pipin menerima kondisi anaknya itu. Tidak pernah menghiraukan omongan orang lain yang mungkin mencibir kondisi Adul.

"Syok juga sih, merasa dosa apa ibu ini punya anak seperti ini," ungkapnya.

"Tapi sekarang bisa semua sendiri. Pakai baju seragam sendiri, makan sendiri," tambah Pipin.

[Gambas:Video 20detik]





(wdw/up)