Selasa, 13 Nov 2018 17:30 WIB

Hari Diabetes Sedunia

Seberapa Penting Sih Insulin Bagi Pengidap Diabetes?

Yoga Radyan Nalendra - detikHealth
Beberapa pasien diabetes harus menggantungkan diri pada suntik insulin (Foto: Getty Images) Beberapa pasien diabetes harus menggantungkan diri pada suntik insulin (Foto: Getty Images)
Jakarta - Insulin berperan penting dalam tubuh kita untuk mengubah gula (glukosa) dari karbohidrat yang kita konsumsi menjadi energi, dan juga berfungsi menyimpan glukosa untuk keperluan di waktu mendatang. Menjaga fungsi insulin sangat penting untuk mengendalikan kadar gula darah tubuh supaya tidak melonjak terlalu tinggi atau turun terlalu rendah.

Menurut seorang dokter spesialis penyakit, Prof Dr dr Sidartawan Soegondo, SpPD-KEMD, FACE saat ditemui di sela-sela acara di Barito, Jakarta Selatan, dengan disuntiknya insulin ke tubuh kita (terutama yang terkena gejala diabetes) akan mencegah kadar gula darah meningkat di tubuh kita.

"Saya punya cerita, ada pasangan suami istri. Si suami terkena penyakit gula dan tidak mau disuntik dengan insulin lalu, si istri ngomel mulu. Selang berapa minggu si suami mau disuntik dan efek setelahnya dia sembuh dan si istri langsung memuji saya. Itulah kenapa suntik insulin penting untuk mencegah diabetes," katanya, Selasa (13/11/2018).



Setiap sel di dalam tubuh memerlukan gula untuk bekerja secara optimal. Namun, sayangnya sel-sel tidak dapat langsung mengubah gula menjadi energi.

Dengan kata lain, insulin inilah yang penting terhadap tubuh kita untuk mengubah gula yang kita makan menjadi energi. Kalau tidak ada hormon insulin ini, gula hanya berputar-putar saja di dalam darah.

"Manfaatnya itu tadi, memasukkan glukosa ke dalam sel dan menjadi energi. Nah tubuh kita juga memerlukan energi. Otak kita kalau kekurangan gula dan tidak dikasih insulin bisa telat mikir bahkan bego beneran," tutur Prof Sidar, sapaan akrabnya.

Maka dari itu, saat kita makan dan kadar gula dalam darah kalian meningkat, pankreas memberi sinyal untuk melepaskan insulin ke aliran darah. Hormon insulin membantu sel menyerap glukosa dari aliran darah dengan menempelkan diri ke sel-sel dan memberi sinyal sel untuk menyerap gula tersebut.

(wdw/wdw)
News Feed