Kamis, 15 Nov 2018 10:30 WIB

Viral! Ramuan Pembersih Paru-paru bagi Perokok, Benar Bisa Nggak Sih?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ramuan berhenti merokok (Foto: viral Facebook) Ramuan berhenti merokok (Foto: viral Facebook)
Jakarta - Beredar pesan berantai atau broadcast lama yang mencuat kembali dan kini menjadi viral. Yaitu ramuan yang disebut bisa membersihkan paru-paru dari nikotin dan tar yang berasal dari rokok.

Broadcast ini ditujukan bagi perokok yang sudah jelas paru-parunya kotor karena paparan asap rokok yang dikonsumsinya. Ramuan tersebut dibuat dari beberapa bahan alami, yaitu bawang putih, jahe, dan madu.



Caranya:

1. Siapkan terlebih dahulu 400 gram bawang putih, dua sendok teh kunyit, jahe satu inci (2,5 cm), madu 400 gram serta satu liter air.

2. Rebus air, lalu campurkan potongan bawang dan parutan jahe ke dalam air rebusan, diamkan hingga air mendidih.

3. Setelah air mendidih campurkan lagi kunyit yang telah dihaluskan kemudian angkat dan dinginkan.

4. Air rebusan yang telah dingin disaring untuk memisahkan
ampasnya.Baru campur madunya

5. Air rebusan sebaiknya dimasukkan ke dalam botol dan simpan di lemari es.

Cara mengonsumsinya : minum air rebusan sebanyak dua kali sehari pada pagi hari sebelum makan dan malam hari setelah makan (ringan). Dosis yang dianjurkan cukup dua sendok makan setiap kali minumnya.

Rutin mengonsumsi air rebusan itu akan membantu menghilangkan racun di paru-paru akibat kebiasaan merokok. Adapun kandungan dalam bahan-bahan yang digunakan seperti jahe yang memiliki sifat penyembuhan dan telah digunakan sejak kuno.



Netizen melalui komentarnya tampak antusias ingin mencoba. Herba yang digunakan dalam ramuan itu memang tidak asing, sering dipakai sebagai jamu. Namun soal khasiatnya membersihkan racun-racun rokok, ahli paru dari RS Persahabatan, Jakarta dr Agus Dwi Susanto, SpP mengaku tidak yakin.

"Kalau di medis semua harus evidence base. Berbasis bukti. Yaitu sudah dibuktikan dengan penelitian-penelitian dan hasilnya betul terbukti," ujarnya.

dr Agus menegaskan bahwa hingga kini belum ada cara yang sudah teruji ilmiah bisa membersihkan paru-paru dari bahan kimia yang berasal dari rokok.

"Nggak ada. Stop rokok! Itu saja," tandasnya.

(wdw/up)
News Feed