Kamis, 15 Nov 2018 11:30 WIB

Ngilu Atau Takjub? Operasi Jantung Ditayangkan Langsung di Televisi Inggris

Widiya Wiyanti - detikHealth
Siaran langsung operasi jantung terbuka. Foto: Repro Twitter Channel 5 Siaran langsung operasi jantung terbuka. Foto: Repro Twitter Channel 5
Jakarta - Kamu pernah melihat langsung bagaimana operasi bedah berjalan? Menarik atau justru ngilu ya mendengarnya? Kalau kamu tertarik, mungkin kamu mau melihat siaran langsung operasi jantung terbuka di televisi.

Siaran langsung operasi tersebut ditayangkan di Channel 5 stasiun televisi Inggris pukul 10 malam waktu setempat. Dalam tayangan tersebut, ahli bedah jantung, Kulvinder Lall melakukan penggantian katup aorta dan ditonton oleh jutaan pasang mata.

Dikutip dari Daily Mail, dr Lall yang merupakan ahli jantung terkemuka dari St Bartholomew's Hospital di London melakukan prosedur pada pasien berusia 69 tahun. Operasi tersebut berlangsung selama dua jam.

Siaran langsung ini pun ternyata mendapat respon positif dari netizen yang menanggapinya di media sosial Twitter. Netizen yang melihatnya merasa terpukau karena dr Lall membuat operasi jantung tersebut menjadi terlihat sangat mudah.



"@kulvinderlall membuat sesuatu yang sangat sulit terlihat seperti hanya seperti berjalan di taman," tulis pemilik akun @fosterrugby.

"Saya telah menjalani operasi jantung terbuka 4 kali ... Ini luar biasa namun emosional untuk ditonton. Saya selamanya bersyukur," tulis dengan akun @j_welbs.

Bahkan tagar #OpenHeartSurgery dan #OperationLive menggema di Twitter karena netizen merasa takjub dengan prosedur operasi jantung terbuka yang dilakukan dr Lall.

"#OpenHeartSurgery adalah hal paling menakjubkan yang pernah saya lihat," kata pemilik akun @Lex081.

"Jujur sekali betapa luar biasanya #OperationLive. Begitu banyak kekaguman untuk NHS dan kerja keras dan keterampilan yang masuk ke prosedur penting seperti itu!" tulis akun @Kate_Rogerss.

(wdw/up)
News Feed