Jumat, 16 Nov 2018 11:07 WIB

LAPORAN DARI JEPANG

Survivor Kanker Juga Harus Waspada Soal 'Late Effects'

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Dr Hiroki Hiro berbicara mengenai late effects pada survivor kanker. Foto: Aisyah Kamaliah/detikHealth Dr Hiroki Hiro berbicara mengenai late effects pada survivor kanker. Foto: Aisyah Kamaliah/detikHealth
Kyoto - Menjadi survivor kanker atau remisi dari kanker bukan berarti kamu jadi melupakan diri untuk hidup sehat. Meskipun berbeda-beda tiap orang, sebagian survivor kanker juga harus waspada pada hal yang disebut 'late effecst'. Late effects adalah efek samping yang tiba pada beberapa bulan atau tahun setelah pengobatan.

Bentuknya pun beragam, mulai dari masalah fisik, psikologis (kecemasan dan rasa percaya diri yang kurang baik), kehidupan sosial, dan bahkan terkait gaya hidup. Disfungsi organ, menurunnya sistem imun, hingga kanker kedua adalah beberapa contoh di antaranya. Lalu apa yang harus dilakukan?

"Follow up jangka panjang dari survivor kanker supaya menjaga kondisi tubuh yang sehat. Kalau kamu menjaganya, kamu bisa beraktivitas dan berpartisipasi di lingkunganmu. Ini diharapkan untuk membantumu meningkatkan rasa keberhargaan diri dan terus memiliki mimpi," kata Dr Hiroki Hiro, dari Departemen Pediatrik di Mie University Hospital, di sela Konferensi Childhood Cancer International, Kamis (15/11/2018), Kyoto, Jepang.



Late effects bisa diminimalisir dengan pengecekan kondisi secara jangka panjang kepada dokter. Berapa lama? Setiap negara memiliki jangka waktu yang berbeda-beda menurut Dr Hiro. Yang jelas, selain pengecekan lebih lanjut, gaya hidup juga memberikan dampak yang besar bagi kualitas kesehatan survivor.


"Jangan banyak minum (alkohol), jangan makan terlalu banyak, hindari rokok, dan terapkan pola makan rendak lemak dan garam," ujarnya.

Selain itu, survivor juga harus memiliki pengetahuan mengenai risiko 'late effect' dari pengobatan jenis kanker mereka dan penangkalan dari efek samping tersebut. Ingat ya, harus terus menerapkan gaya hidup sehat!






Tonton juga 'Cryosurgery, Pilihan Warga RI Saat Obati Kanker ke Guangzhou':

[Gambas:Video 20detik]

(ask/up)
News Feed