Jumat, 16 Nov 2018 13:32 WIB

Unik, Bikin Gelang Couple dengan Penyintas Kanker

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Gelang couple untuk para penyintas kanker. (Foto: Aisyah Kamaliah/detikHealth)
Jakarta - "Halo, buat gelang yuk untuk mendukung penyintas kanker anak," sapa seorang wanita kepada detikHealth.

Kami pun penasaran dan mendatangi booth di mana orang-orang yang ikut dalam acara dinner menjelang Congress of the International Society of Paediatric Oncology di Kyoto, Jepang, bersama Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI). Membuat gelang ini pun tidak dipungut biaya sama sekali, lho.

Program ini ternyata merupakan gagasan dari Shine On! untuk memberikan dukungan pada pasien kanker anak yang kini tengah berjuang untuk melawan kanker. Salah satu programnya adalah dengan memberikan gelang atau 'Beads of Courage' yang memberikan simbol-simbol dari harapan yang diberikan oleh orang lain yang ingin ikut serta mendukung para penyintas kanker.

"Biasanya kita membuat 300-500 setiap tahunnya, gelang yang tadi dibuat adalah hadiah spesial. Ketika pasien hendak di operasi mereka sangat ketakutan, tapi begitu mendapatkan gelang dan membaca pesan mereka tahu bahwa ada orang lain yang juga punya gelang yang sama dengannya, dia merasakan dukungan dari gelang ini," kata Kyoko Kato, kordinator dari Beads of Courage.

Begini nih contoh gelang couple untuk penyintas kanker.Begini nih contoh gelang couple untuk penyintas kanker. Foto: Aisyah Kamaliah/detikHealth




Setiap biji dari gelang memiliki arti yang berbeda-beda. Kalau detikHealth, memilih gelang yang melambangkan cinta, kekuatan, dan juga perlindungan. Oh iya, kami diminta untuk membuat dua gelang yang sama persis. Satu gelang akan diberikan kepada pasien kanker, dan satunya bisa kamu simpan sendiri.

Beads of Courage merupakan salah satu program dari Shine On! Kids, program lainnya adalah facility dog program yang melatih anjing untuk menjadi teman pasien-pasien di rumah sakit.

Untuk siapapun anak yang mendapatkan gelang buatan kami, kami memberikan gelang yang berarti perlindungan dan cinta untukmu. Semoga kamu bisa lekas sembuh dan menjadi survivor ya!

(ask/fds)