Minggu, 18 Nov 2018 15:02 WIB

Sudah Tahu Pahit, Kenapa Orang Tetap Suka Minum Kopi Hitam?

Firdaus Anwar - detikHealth
Ilustrasi minum kopi. Foto: thinkstock Ilustrasi minum kopi. Foto: thinkstock
Jakarta - Dari semua rasa yang bisa dikecap oleh lidah, pahit adalah salah satu rasa yang sebagian besar orang hindari. Namun demikian ada beberapa pengecualian di mana kadang rasa pahit justru jadi daya tarik tersendiri seperti misalnya saja pada kopi.

Kopi hitam sebagai contoh adalah kopi yang terkenal karena pahitnya namun tetap diminum oleh banyak orang. Mengapa demikian? Menurut studi terbaru yang dilakukan oleh peneliti dari Northwestern University ini berkaitan dengan genetik.


Peneliti senior Marilyn Cornelis menemukan nyatanya orang yang sensitif terhadap pahit justru rata-rata mengonsumsi lebih banyak kopi hitam dari populasi umumnya. Mengapa demikian kemungkinan karena orang-orang yang sensitif bisa menghubungkan rasa pahit kopi dengan 'sesuatu positif'.

Artinya orang-orang justru sengaja mencari pahitnya kopi hitam untuk mendapatkan kepuasaan.

"Kamu menyangka orang-orang yang sensitif terhadap pahitnya kafein akan lebih sedikit mengonsumsi kopi. Justru sebaliknya mereka mengembangkan rasa suka atau kemampuan mendeteksi pahit kafein karena bisa mendapat dorongan positif," kata Marilyn seperti dikutip dari Live Science, Minggu (18/11/2018).

Kopi hitam sendiri adalah minuman yang sering disebut memiliki berbagai macam manfaat bila diminum dengan terkontrol. sebuah penelitian di Journal of Hepatology menyebut bahwa kopi hitam tanpa gula bisa mengurangi risiko fibrosis atau tahap awal pengerasan hati.

"Di dalam kopi terkandung antioksidan," kata dr Annisa Maloveny, SpPD dari RS Hermina Grandwisata, dalam wawancara dengan detikHealth beberapa waktu lalu. "Antoksidan menetralisir oksidan dengan melindungi sel-sel tubuh dan melindungi dari penyakit seperti kanker, dan jantung," lanjutnya.

(fds/fds)
News Feed