Selasa, 20 Nov 2018 14:10 WIB

Untuk Pemula, Boleh Nggak Sih Mencoba HIIT Strong by Zumba?

Kireina S. Cahyani - detikHealth
Strong by Zumba. Foto: Kireina S. Cahyani
Jakarta - Olahraga satu ini memang dinilai sangat efektif untuk menjaga performa tubuh. Strong by Zumba menyuguhkan sebuah olahraga dengan intensitas tinggi namun tetap menyenangkan karena diiringi oleh dentuman musik yang dapat memompa semangat.

Namun untuk para pemula, bisa nggak ya mencoba olahraga High Intensity Interval Training (HIIT) tanpa memiliki latar belakang penari, apalagi yang sama sekali tidak bisa menari.

Mantan atlet karate nasional yang kini menjadi trainer zumba, Umar Syarief, tentu saja pemula bisa mencoba karena olahraga ini memang dibentuk untuk siapapun. Hanya saja ada minimal batas usianya, yaitu 18 tahun ke atas.

Bukan hanya para atlet atau olahragawan yang dapat mencobanya, tetapi untuk kalian yang tidak pernah berolahraga sekalipun tentu saja boleh mencobanya. Lalu untuk urusan menari tentu saja Strong by Zumba ini bukanlah zumba seperti pada umumnya, karena dalam pergerakannya tidak ada gerakan menari sedikit pun.

"Bisa saja ikutan, cuma ada baiknya cek terlebih dahulu di youtube, google, instagram apa itu HIIT dalam Strong by Zumba, biar nggak terlalu kaget nantinya," ujar Umar saat diwawancarai detikHealth, Minggu (18/11/2018).


Menurut Umar, ketika membuka sesi kelas ia pun sangat memperhatikan para partisipan pemulanya dalam olahraga Strong by Zumba ini.

Hal ini juga dilakukan untuk mengurangi risiko cedera karena salah pergerakan. Salah satunya cara yang ia lakukan adalah dengan memfasilitasi beberapa trainer andal untuk memperagakan gerakan berdasarkan level rendah, menengah, dan tinggi. Sehingga para partisipan dapat dengan mudah memilih di level mana ia sanggup meniru gerakan tubuh sang trainer.

"Saya selalu tanya sebelum memulai kelas, 'apakah ada yang baru mengikuti kelas Strong by Zumba ini?'. Apabila ada, partisipan pemula ini dapat mengikuti movement salah satu tim trainernya yang memperagakan gerakannya dengan mudah. Lalu apabila tubuh kalian anggap masih sanggup untuk menggerakan lebih, kalian juga dapat mencoba level yang lebih tinggi," tutur Umar.

Umar juga menuturkan, para pemula yang mengikuti Strong by Zumba ini biasanya memang selalu merasakan sakit badan terlebih dahulu satu hingga tiga hari atau lebih.

"Pasti badan akan sakit kalau yang tidak terbiasa, pegel-pegel gitu. Cuma nanti pasti malah ingin menaikkan level intensitasnya di pertemuan Strong by Zumba selanjutnya," tutup Umar saat ditemui di kawasan Pati Unus, Jakarta Selatan.

(Kireina S. Cahyani/up)