Kamis, 22 Nov 2018 12:17 WIB

Riset: 5 Tahun Pernikahan Seperti Gading dan Gisel adalah Masa Tersulit

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Gisel gugat cerai Gading. Foto: Hanif Hawari/detikHOT Gisel gugat cerai Gading. Foto: Hanif Hawari/detikHOT
Jakarta - Setelah lima tahun pernikahan, bahtera rumah tangga Gading Marten dan Gisella Anastasia terguncang. Gisel menggugat Gading sejak 19 November silam.

Banyak yang merasa sedih sebab pasangan yang telah dikaruniai buah hati Gempita Nora Marten ini dinilai harmonis dan banyak dijadikan panutan untuk pernikahan yang bahagia.

Ternyata, lima tahun awal pernikahan memang masa yang sulit. Studi dari firma hukum di Inggris pada 2.000 orang yang telah menikah menunjukan tahun pertama sebagai 'hembusan angin surga'. Makin bertambah harmonis yakni di tahun ke tiga, mereka mengaku sebagai masa paling membahagiakan karena pasangan telah saling nyaman.

Akan tetapi, dua tahun kemudian, pasangan melaporkan lima tahun pernikahan adalah masa tersulit untuk dilalui, termasuk di antaranya faktor kelelahan dan kepenatan serta beban kerja yang bertambah.

Para responden setuju bahwa jika pasangan berhasil melewati 7 tahun pertama pernikahan, ini adalah langkah awal untuk mendapatkan pernikahan yang langgeng dan bahagia.


Ditambah, 1 dari 10 mengaku tidak menyadari kalau pernikahan akan sesulit ini. 1 dari 5 mengakui ada hari-hari ketika mereka menyesali keputusan untuk menikah.

Apa yang menjadi kendala? Dorongan seks yang tidak seimbang, hobi yang berbeda atau preferensi sosial ditemukan dapat menjadi 'batu sandungan' di tahun-tahun pertama pernikahan.

Selain itu, studi ini menemukan setengah dari mereka yang ditanyai mengatakan hari pernikahan mereka adalah yang paling bahagia dalam hidup mereka, tetapi sepertiga mengakui cinta dalam pernikahan mereka telah berkurang sejak hari besar pernikahan.





Tonton juga 'Ini Dia Tren Pernikahan Impian di Tahun 2018':


(ask/up)
News Feed