Jumat, 23 Nov 2018 07:30 WIB

Belum Lama Menikah Sudah Mau Cerai, Ini Kemungkinan Penyebabnya

Kireina Suci Cahyani - detikHealth
Mengapa belum lama menikah ada pasangan yang sudah mau cerai? Foto: (@gadiiing/Instagram) Mengapa belum lama menikah ada pasangan yang sudah mau cerai? Foto: (@gadiiing/Instagram)
Jakarta - Pernikahan Gisel dan Gading masih terbilang muda, tapi terancam kandas lewat gugatan cerai. Perceraian di usia perkawinan yang masih seumur jagung biasanya terjadi karena berbagai masalah.

Menurut psikolog klinis dewasa, Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi, ptiga hingga lima tahun pertama pernikahan adalah masa penyesuaian bagi pasangan suami istri. Oleh karena itu biasanya banyak permasalahan yang muncul, bahkan untuk hal yang sederhana sekalipun.

"Misalnya, suami adalah orang suka meletakkan barang sembarangan. Sementara, istri adalah orang yang sangat tertata dan rapih," jelas Wulan.


Wulan juga mengatakan bahwa saat kita berpacaran tentu akan berbeda saat sudah menikah. Masalah perbedaan pendapat dan kebiasaan buruk ketika berpacaran dan setelah menikah tentunya akan dinilai berbeda. Saat memasuki masa pernikahan menurut Wulan masalah-masalah ini akan berubah menjadi masalah besar dan memicu sebuah pertikaian.

"Bahkan banyak pasangan muda yang mengeluhkan pasangannya berubah setelah menikah. Dulu pada saat pacaran mesra, sekarang setelah menikah kok terkesan cuek, lalu merasa tidak diperhatikan," tambah Wulan.

Masalah lain yang biasa muncul di pernikahan muda juga menurut Wulan adalah penyesuaian dengan mertua atau anggota keluarga pasangan. Entah itu kebiasaan di dalam
keluarga, atau merasa pasangan lebih mendengarkan mertua ketimbang istri.

"Di Indonesia, menikah itu tidak hanya menikah dengan pasangan, tetapi juga dengan keluarga besar. Makanya, pada masa pendekatan juga penting untuk mengenal
keluarga masing-masing," tutup Wulan saat diwawancarai detikHealth, Kamis (22/11/2018).

(up/up)
News Feed