Minggu, 25 Nov 2018 08:00 WIB

Berobat Nggak Perlu ke Luar Negeri, Dokter Tanah Air Nggak Kalah Jago Kok

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Banyak masyarakat Indonesia yang masih memilih ke luar negeri untuk mengobati penyakit yang diidapnya. Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek menuturkan pengobatan di Indonesia pun saat ini sudah canggih sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri.

"Kenapa sih kita musti ke luar negeri, berobatlah di dalam negeri dokter-dokternya jago luar biasa. Kita harus memberi tahu kepada masyarakat bahkan kepada dunia bahwa kita punya inovasi bagus," katanya saat dijumpai di Gedung CMU 2 Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Sabtu (24/11/2018).

Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) saat ini memiliki beberapa layanan seperti stem cell, gamma knife, transplantasi organ dan jaringan, serta implan koklea yang menjadi keberhasilan capaian.

"RSCM itu barometer kesehatan Indonesia. Jadi kami memang harus menjadi yang terbaik. RSCM adalah pusat rujukan nasional jadi yang tertingi. Di sinilah pakar-pakar terbaik yang ada di Indonesia," tutur Dirut RSCM, Lies Dina Liastuti, saat dijumpai di kesempatan yang sama.



Lies menambahkan, capaian RSCM seperti transplantasi ginjal dan transplantasi hati memilki tingkat keberhasilan yang setara dengan internasional. Ia berharap masyarakat tahu bahwa Indonesia juga bisa melakukannya dengan baik.

"Ke depannya dalam meneruskan cita-cita luhur bangsa kita untuk menjadi sehat dan sejahtera, RSCM tentu akan berpartisipasi semaksimal mungkin untuk mewujudkan hal tersebut melalui layanan terbaik dan tentunya bertanggung jawab," pungkasnya.

(up/up)
News Feed