Senin, 26 Nov 2018 13:33 WIB

Bukan Karena Jinjit, Ini Kemungkinan Seseorang Bisa Sembuh dari Stroke

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ada kalanya seseorang bisa sembuh dari stroke tanpa terapi. (Foto: Thinkstock) Ada kalanya seseorang bisa sembuh dari stroke tanpa terapi. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Beberapa waktu lalu dalam media sosial beredar pesan berantai tentang seorang pria yang bisa sembuh dari stroke dengan terapi jinjit 50 hari sekali. Hal tersebut dibantah oleh dokter spesialis.

Ahli bedah saraf dr Roslan Yusni Hasan, SpBS, dari RS Mayapada mengatakan bahwa penyakit stroke tidak bisa sembuh dengan melakukan terapi jinjit. Namun, memang ada kalanya seseorang bisa sembuh total dari stroke tanpa terapi.



"Stroke itu jenisnya banyak, ada yang namanya TIA (Transient Ischemic Attack), yang akan membaik sendiri tanpa diobati. Nggak usah diapa-apain, setelah 24 jam stroke itu akan menghilang tanpa meninggalkan gejala sisa," kata pria yang akrab disapa dr Ryu ini kepada detikHealth, Senin (26/11/2018).

Dikutip dari WebMD, TIA terjadi ketika aliran darah ke bagian otak terputus untuk waktu yang singkat. Ini juga disebut ministroke.

dr Ryu menambahkan, jika ada orang yang tiba-tiba sembuh dari stroke hal itu bukan karena sebelumnya mengonsumsi sesuatu atau melakukan aktivitas tertentu.

"Bukan karna jinjitnya, tapi TIA nya. Jadi memang akan sembuh dengan sendirinya. Tapi memang kasus seperti ini agak jarang terjadi," tutup dr Ryu.

(fds/fds)
News Feed