Senin, 26 Nov 2018 15:19 WIB

Dilema Saat Makan Ayam, Kulitnya Dibuang atau Dimakan?

Kireina S Cahyani - detikHealth
Ada yang suka mengonsumsi kulit ayam, ada juga yang tidak. (Foto: iStock) Ada yang suka mengonsumsi kulit ayam, ada juga yang tidak. (Foto: iStock)
Jakarta - Banyak yang sangat menyukai bagian dari kulit ayam karena dinilai sangat menggugah selera dan memiliki cita rasa yang gurih. Tak terhindarkan kekhawatiran akibat memakan kulit ayam mungkin juga sering dialami kalian para pencinta kuliner.

Menurut seorang ahli gizi Profesor Dr Ir Hardinsyah, MS, kulit ayam sendiri memiliki kandungan nutrisi protein, lemak, mineral, dan vitamin. Semua kandungannya ini tentu saja memiliki manfaat untuk tubuh kita.



Walau kandungan vitaminnya sedikit, tetapi protein dalam kulit ayam cukup baik untuk tubuh kita. Kandungan lemaknya pun bermanfaat untuk energi dalam tubuh.

"Kandungan utama dalam kulit ayam sendiri ini adalah protein. Lalu dalam kulit ayam ini 2 per 3 bagian proteinnya memiliki kandungan kolagen. Tentu saja baik untuk menjaga kesehatan kulit kita, dan membuat awet muda," tutur ahli kesehatan ini saat diwawancarai detikHealth, (26/11/2018).

Prof Hardinsyah juga memaparkan bahwa kandungan 100 gram kulit ayam memilki kandungan berkisar 25 - 30 gram lemak. Ini sudah memenuhi separuh kebutuhan lemak dalam satu hari.

Namun, Prof Hardin menyarankan untuk mengonsumsi dengan tidak berlebihan walaupun belum ada penelitian mengenai batasan anjuran mengonsumsi kulit ayam setiap harinya. Oleh karena itu kamu harus sadar diri jika dirasa berlebihan maka kamu harus menghentikannya.

"Tidak masalah mengonsumsi kulit ayam selagi dalam batasan wajar," tutup Prof Hardinsyah.

(fds/fds)
News Feed