Senin, 26 Nov 2018 17:56 WIB

Meski Tak Bisa Sembuhkan Stroke, Jinjit Tetap Ada Manfaatnya

Ayunda Septiani - detikHealth
Jinjit bisa dimanfaatkan untuk memperlancar sirkulasi darah dan mengencangkan otot. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Viralnya cerita mengenai seorang pria yang sembuh dari stroke hanya dengan melakukan terapi jinjit selama 50 kali sehari ternyata hanya hoax belaka. Tapi jangan salah, meski tidak bisa menyembuhkan stroke jinjit punya manfaat juga lho.

Jinjit yang dilakukan oleh jari-jari kaki jangan disepelekan. Gerakan yang mudah dilakukan, tidak memerlukan banyak tenaga dan biaya ini memiliki ternyata bisa membantu melancarkan sirkulasi darah pada kaki.

"Jinjit apabila kita lakukan dengan tujuan untuk olahraga sangat baik untuk melancarkan sirkulasi darah pada kaki dan mengencangkan otot-otot pada betis," ujar ahli fisioterapi, Indra Lesmana, SKM, SFt.Mor saat dihubungi oleh detikHealth, Senin (26/11/2018).



Jika kita jadikan jinjit kedalam suatu bentuk latihan olahraga, maka banyak manfaat yang bisa didapat, seperti mengecilkan betis, melatih otot-otot kaki, membakar lemak pada betis, dan mengencangkan bokong.

Namun perlu diperhatikan, jika melakukan jinjit secara tidak benar dan terus-menerus juga ternyata berdampak negatif bagi kesehatan kaki.

"Jika kamu melakukannya ini secara rutin dan terus menerus juga tidak baik, karena akan menyebabkan ketegangan otot atau kram pada kedua kaki," kata Indra.

(wdw/fds)