Selasa, 27 Nov 2018 07:09 WIB

Waspadai Komplikasi Penyakit Jantung, Kenali Gejalanya!

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Halaman 1 dari 7
Waspadai berbagai komplikasi penyakit jantung. Foto: shutterstock Waspadai berbagai komplikasi penyakit jantung. Foto: shutterstock
Jakarta - Ibunda Roger Danuarta dikabarkan meninggal dunia pada usia 63 tahun. Sang ibu disebut-sebut memiliki riwayat penyakit jantung yang telah lama diidap hingga menjadi komplikasi pada organ lain, salah satunya ginjal.

Menurut dr Isman Firdaus SpJP-FIHA dari RS Harapan Kita, penyakit jantung memiliki jenis dan penyebab yang berbeda. Misalnya penyempitan pembuluh darah koroner, kerusakan otot jantung, atau katup jantung.

"Koroner itu pembuluh darah yang memasok otot jantung. Kalau koronernya menyempit atau rusak ya otot jantung ikut rusak. Otot jantung rusak nggak bisa memompa. Ada lagi yang karena tekanan darah tinggi karena hipertensi, atau penyakit jantung bawaan pada anak kecil. Semuanya bisa bikin gangguan pada jantung," katanya kepada detikHealth, Senin (26/11/2018).

Sebagai salah satu penyakit yang menyebabkan kematian terbesar di dunia, penting untuk mengetahui gejalanya. Namuan gejala penyakit jantung bergantung pada jenisnya, seperti berikut ini:

(frp/up)
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya