Selasa, 27 Nov 2018 11:09 WIB

Suka Minum Teh Manis? Perhatikan Takaran Gulanya

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Minum teh manis di pagi atau sore hari memang nikmat rasanya. Namun jika gemar minum teh manis setiap hari, perhatikan takaran gulanya. Kebanyakan mengonsumsi gula bisa mengantarkan seseorang terganggu sistem kekebalan tubuhnya hingga terkena diabetes.

Padahal gula, seperti gula pasir, menjadi bahan tambahan untuk banyak makanan dan minuman agar rasanya semakin nikmat. Sebut saja biskuit, kue, hingga teh dan kopi. Faktanya, nilai indeks glikemik gula pasir cukup tinggi.

Dilansir dari Livestrong, indeks glikemik gula pasir mencapai 58. Indeks glikemik yang merupakan skala yang diberikan kepada suatu makanan berdasarkan seberapa besar makanan tersebut meningkatkan gula darah.


Skala yang digunakan antara lain 0-100. Suatu makanan bisa dikatakan rendah indeks glikemiknya jika berada di kurang dari 50. Sementara indeks glikemik sedang antara 50-70 dan indeks glikemik di atas 70.

Menurut Kemenkes, batas asupan gula orang dewasa adalah 50 gram per hari setara 5-9 sendok teh atau bisa dikatakan 4 sendok per hari. Maka batasi konsumsi gula per harinya, yakni maksimal 4 sendok makan.

Dilansir dari Daily Mail, Pedoman NHS yang dikeluarkan tahun lalu merekomendasikan maksimum gula hanya 19 gram sehari atau lima sendok teh gula untuk anak-anak berusia antara empat dan enam.


Perlu diketahui, mengonsumsi gula berlebihan akan membuat kadar gula darah melonjak. Bahkan konsumsi gula yang berlebih juga dapat menimbulkan beberapa dampaknya lainnya, seperti sugar rush.

Selain itu, dampak lain yang disebabkan oleh konsumsi gula berlebihan antara lain terjadinya penumpukan lemak di perut, obesitas, karies gigi, penyakit metabolik seperti sakit jantung hingga diabetes.

Namun jika ingin minum teh manis dengan aman, gunakan Nulife Sweetener. Pemanis yang diolah dari tebu dan rendah kalori ini mengandung sukralosa serta aman dikonsumsi. Bahkan tidak meningkatkan gula darah dan tidak diserap oleh tubuh. (prf/up)
News Feed