Rabu, 28 Nov 2018 07:15 WIB

Pencipta Spongebob Squarepants Meninggal, Ada Riwayat Mengidap ALS

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Pencipta Spongebob Squarepants meninggal dunia, ia pernah punya riwayat penyakit ALS. Foto: Reuters/Luis Enrique Ascui Pencipta Spongebob Squarepants meninggal dunia, ia pernah punya riwayat penyakit ALS. Foto: Reuters/Luis Enrique Ascui
Jakarta - Pencinta film kartun sedang berduka. Stephen Hillenburg, kreator kartun hits SpongeBob SquarePants meninggal dunia di usianya yang ke-57. Tahun lalu, ia telah mengaku bahwa ia terdiagnosis penyakit Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) atau yang dikenal dengan penyakit Lou Gehrig's.

Kabar ini dibenarkan oleh tweet dari akun resmi Nickelodeon yang menyatakan luka terdalamnya.

"Kami sedang dalam hening untuk menghormati kehidupan dan karyanya," seperti tertulis Selasa (27/11)


Pernah populer lewat kampanye ice bucket challenge, penyakit Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) merupakan penyakit degeneratif yang menyerang saraf dan sampai saat ini belum bisa disembuhkan. Penyakit ini dapat menimbulkan menurunnya kemampuan fungsi otot hingga kelumpuhan.

Tonton video: Pencetus Kartun SpongeBob SquarePants Tutup Usia
[Gambas:Video 20detik]

Penyebab penyakit ini belum ditemukan, akan tetapi sekitar 10 persen dari kasus yang terjadi, ditemukan adanya mutasi genetik yang menyebabkan pembentukan suatu protein yang sifatnya merusak sel saraf.

Penyakit yang juga diidap oleh fisikawan Stephen Hawking ini belum bisa disembuhkan. Namun ada obat yang dapat digunakan untuk menghambat penyakit tersebut agar memiliki kualitas hidup yang lebih baik.




(ask/up)