Kamis, 29 Nov 2018 08:07 WIB

Mantan Menkes Soroti Tingginya HIV-AIDS pada Ibu Rumah Tangga

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Tes HIV mudah dan cepat, tapi banyak yang sungkan melakukannya (Foto: Grandyos Zafna) Tes HIV mudah dan cepat, tapi banyak yang sungkan melakukannya (Foto: Grandyos Zafna)
Topik Hangat Hari AIDS Sedunia 2018
Jakarta - Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI, prevalensi AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome) pada ibu rumah tangga mencapai 14.721 jiwa. Mantan Menteri Kesehatan RI Dr Nafsiah Mboi memberi perhatian khusus soal ini.

Jumlah ibu hamil di Indonesia berjumlah 5.291.143 jiwa, sementara yang menjalani tes untuk HIV (Human Immunodeficiency Virus) hanya sekitar 13 persen atau 761.373. Ibu hamil yang positif HIV sebanyak 2.955 orang dan yang mendapat penanganan atau mengonsumsi obat hanya 893 orang.

Menurut Dr Nafsiah yang juga merupakan Ketua Badan Pembina Yayasan Kemitraan Indonesia Sehat, pencegahan penyakit ini jangan hanya berfokus pada wanita. Pelayanan pasangan kesehatan juga harus bersama pasangan.

"Kan nggak mungkin wanita dapat penyakit ini secara tiba-tiba. Seringkali wanita yang disalahkan, penelitian juga memperlihatkan lebih banyak laki-laki nggak mau periksa," tuturnya.



Nafsiah menambahkan harus ada pelayanan kesehatan untuk laki-laki yang sama seperti perempuan. Sebab, adanya keterkaitan antara keduanya.

"Ini menjadi penting untuk mengintegrasikan, karena ada keterkaitan antara keduanya misalnya dalam pernikahan," pungkasnya.


Mantan Menkes Soroti Tingginya HIV-AIDS pada Ibu Rumah Tangga
(up/up)
Topik Hangat Hari AIDS Sedunia 2018
News Feed