Kamis, 29 Nov 2018 08:49 WIB

Cara yang Bisa Dilakukan Agar Diabetes Tak Ganggu Aktivitas

Nabilla Putri - detikHealth
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Bagi orang yang terkena diabetes, aktivitas sehari-hari memang sering terganggu karena merasa lelah dan cepat lapar. Hal ini disebabkan fluktuasi kadar gula darah yang tidak terkontrol.

Semakin tinggi kadar gula darah, tubuh akan mengirim sinyal ke otak untuk meningkatkan nafsu makan dengan menimbulkan rasa lapar. Maka pola makan harus diatur dengan tepat seperti menghitung jumlah kalori terukur demi membantu mengontrol kadar gula darah.

"Pola makan yang direkomendasikan bagi penderita diabetes adalah porsi lebih kecil dengan frekuensi lebih sering. Hal ini bertujuan mencegah risiko melonjaknya ataupun fluktuasi kadar gula darah setelah makan," ujar Medical Advisor Kalbe Nutritionals, dr. Ervina Hasti W, kepada detikHealth, Kamis (22/11/2018).


Maka dr. Ervina memberikan cara makan yang dapat dilakukan bagi penderita diabetes. Pertama, makanan yang sebaiknya dikonsumsi penderita diabetes adalah harus seimbang zat gizinya. Kedua, mempertimbangkan jenis makanan yang akan dikonsumsi. Terakhir, jangan lupa untuk mengukur jumlah kalori sesuai status gizi serta jadwal makan.

"Untuk memenuhi asupan karbohidrat, jenis karbohidrat yang dianjurkan adalah karbohidrat lepas lambat yang memiliki indeks glikemik rendah serta yang tinggi serat," jelasnya.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi Diabetasol. Susu yang bisa dijadikan meal replacement atau makanan pengganti ini memiliki karbohidrat lepas lambat yang membantu mencegah fluktuasi gula darah. Sehingga bisa membantu menjaga ketersediaan energi lebih lama di samping tinggi serat dan kalori terukur.



(idr/up)
News Feed