Jumat, 30 Nov 2018 19:06 WIB

Rajin Puasa, Tips Sehat dari Vokalis Coldplay Chris Martin

Rosmha Widiyani - detikHealth
Vokalis Coldplay Chris Martin (kaos biru). Foto: Getty Images
Jakarta - Vokalis Coldplay Chris Martin ternyata rajin puasa untuk menjaga kesehatan dan kualitas suaranya. Martin puasa satu kali dalam seminggu dengan hanya minum air putih.

"Seorang teman menyarankan puasa yang katanya akan berdampak baik bagi kesehatan. Saran itu ternyata benar karena saya merasa stamina dan kualitas suara saya lebih baik," kata Martin dalam wawancara dengan Fresh 102,7 dikutip dari ABC News.

Penyanyi berusia 38 tahun ini melakukan puasa setiap Senin. Martin tak menyebutkan telah berapa lama melakukan puasa. Meski telah beberapa kali berpuasa, Martin tetap merasakan sulitnya membatasi asupan makan dan minum selama sehari.

Peraih Grammy Award ini merasa tidak tenang selama 15 jam pertama berpuasa. Saat perasaan gelisah menghampiri, Martin memilih tetap tenang dan memperhatikan lawan bicara. Waspada menekan risiko salah pengertian atau pemilihan kata-kata ketika berbicara.


Manfaat puasa sebetulnya tak asing bagi dunia kesehatan. Dikutip dari Medical News Today, puasa harus dilakukan dengan benar sehingga tubuh tidak mengalami dehidrasi dan kekurangan nutrisi. Misal ada jam sahur, berbuka, tidak lapar mata, dan cukup konsumsi sayur serta buah.

Bila melakukan dengan benar, puasa bisa untuk detoksifikasi dan memudahkan tubuh menerapkan hidup sehat salah satunya dengan makan teratur. Metode puasa yang salah berisiko mengganggu kesehatan pencernaan dan gangguan fungsi lainnya.

(Rosmha Widiyani/up)