Sabtu, 01 Des 2018 10:47 WIB

Ternyata Tubuh Juga Butuh Kolesterol, Tapi Perhatikan Kadarnya

Nabilla Putri - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Tak jarang seseorang menghindari makanan tertentu karena mengandung kolesterol yang tinggi. Faktanya, tubuh tetap memerlukan kolesterol. Namun ada catatannya, yakni harus sesuai takaran yang tepat.

"Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan pada semua sel dalam tubuh dan sebenarnya diperlukan untuk menunjang proses metabolisme tubuh. Kolesterol dapat berasal dari makanan hewani yang kita konsumsi maupun diproduksi tubuh kita sendiri untuk menyeimbangkannya," kata Medical Advisor Kalbe Nutritionals, dr. Ervina Hasti W kepada detikHealth, Sabtu (1/12/2018).



Adapun manfaat kolesterol antara lain melapisi dinding sel untuk memudahkan nutrisi masuk ke sel, mendukung pertumbuhan jaringan otak dan saraf, sebagai bahan pembentukan vitamin D untuk menyerap kalsium, hingga membentuk hormon seksual.

Namun jika mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol berlebih justru bisa berbahaya. Sebab, bisa menyebabkan terbentuknya plak yang menyempitkan pembuluh darah dan berisiko menyebabkan penyakit jantung koroner.

"Kolesterol beredar dalam tubuh melalui aliran darah dalam bentuk lipoprotein. Terdapat dua jenis lipoprotein yang membawa kolesterol ke seluruh tubuh, yaitu kolesterol HDL yang dikenal sebagai kolesterol baik dan kolesterol LDL yang dikenal dengan kolesterol jahat," jelasnya.


Untuk itu, dr. Ervina menyarankan agar jumlah asupan kolesterol yang dikonsumsi per harinya kurang dari 300 miligram untuk mereka dengan kadar LDL normal.

Untuk agar kadar kolesterol tetap terjaga, dapat mengkonsumsi suplementasi Nutrive Benecol yang mengandung plant stanol ester yang teruji klinis dapat membantu menurunkan kolesterol sampai 10% dalam 2 - 3 minggu. (mul/mpr)
News Feed