Minggu, 02 Des 2018 14:34 WIB

Diskes Riau Gandeng Transmart Peringati Hari AIDS Sedunia

Chaidir Anwar Tanjung - detikHealth
Hari AIDS Sedunia 2018. Foto: Grandyos Zafna Hari AIDS Sedunia 2018. Foto: Grandyos Zafna
Pekanbaru - Dinas Kesehatan Provinsi Riau bersama Transmart Pekanbaru menggelar hari perigatan Hari AIDS Sedunia. Masyarakat diberikan kesempatan untuk cek kesehatan gratis.

Hari AIDS sedunia diperingati setiap 1 Desember. Untuk peringatan itu, Pemprov Riau melalui Dinas Kesehatan menggelar hari AIDS di Mal Transmart di Jl Soekarnot-Hatta, Pekanbaru.

Diskes dan Transmart membuka gerai di lantai dasar yang dilaksanakan hari Minggu (2/12/2018). Pelayanan kesehatan diberikan secara gratis kepada masyarakat. Layanan kesehatan di antaranya tes HIV-AIDS kepada pengunjung mal.

"Sejak pagi hingga siang ini, sudah ada 49 pengunjung mal yang ikut mengecek kesehatan tes HIV yang kita berikan," kata Kepala Seksi Promosi Kesehatan (Promkes) Diskes Riau, Rozita kepada detikcom.



Para pengunjung mal, dari imigran yang ada di Pekanbaru juga menyempatkan diri untuk ikut tes HIV. Ini guna memastikan untuk kesehatan sendiri.

"Banyak masyarakat yang tes HIV untuk kesehatan. Layanan kami berikan gratis untuk masyarakat yang mau cek kesehatan," kata Rozita.


Di Provinsi Riau hingga Oktober 2018 terdata ada 5.418 kasus HIV-AIDS. Dari jumlah tersebut, yang paling rawan terkena penyakit tersebut pada kelompok LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender).

Selain layanan kesehatan tes HIV, Diskes Riau juga memberikan layanan vaksin MR (Measles atau campak dan Rubella). Vaksin MR diberikan agar anak-anak Indonesia terhindar dari penyakit campak dan rubella.

"Untuk pelayanan vaksin MR pada anak-anak usia 9 bulan sampai 15 tahun ini kali pertama kami laksanakan di mal transmart ini," kata Rozita.

Dibukanya pelayanan kesehatan mal ini, tidak terlepas dari rendahnya pencapaian vaksin MR di Pekanbaru. Kota Pekanbaru salah satu daerah terendah setelah Dumai dalam pencapaian vaksin MR.

(cha/up)