Rabu, 05 Des 2018 13:32 WIB

Viral! Bocah Disuntik Nyanyi 'Blackpink', Ini Tips Dokter Biar Tak Sakit

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Anak takut disuntik nyanyikan lagu Blackpink. Foto: Repro Twitter Anak takut disuntik nyanyikan lagu Blackpink. Foto: Repro Twitter
Jakarta - Sebuah video viral di media sosial, menggambarkan seorang bocah yang menahan takut saat disuntik lengannya. Uniknya ia tidak menangis walau wajahnya tampak meringis. Justru, ia menyanyikan lagu Blackpink yang sedang ngehits: 'DDU-DU DDU-DU'!

Lazimya, anak-anak menangis saat disuntik adalah karena takut jarum. Walau rasanya mungkin tidak terlalu sakit, bayangan benda tajam akan menusuk tubuhnya adalah sesuatu yang menyeramkan.

Dokter anak dari RSUP Dr Soetomo Surabaya, dr Meta Hanindita SpA, mengatakan bahwa ketakutan anak-anak terhadap jarum suntik kerap diperburuk dengan sikap lingkungan yang suka menakut-nakuti. Ketika ada anak bertingkah tidak sesuai kemauan orang tua, maka ancamannya adalah, "Nanti disuntik lho!"

"Selain takut karena nyeri, anak cenderung melihat disuntik sebagai sesuatu yang menakutkan," kata dr Meta kepada detikHealth, Rabu (5/12/2018).



[Gambas:Video 20detik]



Bagaimana mengatasinya? Menurut dr Meta, penting untuk memberikan pengertian pada anak tentang tujuan suntik. Misalnya, biar tetap sehat. Dengan memahami tujuannya, maka anak akan belajar menerima konsekuensi yang akan diterimanya.

"Rasanya nggak nyaman pasti, tapi cuma sebentar," kata dr Meta.

Mengurangi ketakutan pada jarum suntik juga bisa dilakukan dengan distraksi. Misalnya dengan mengajak si anak bernyanyi, atau mengobrol. Kalau anaknya suka Blackpink, boleh juga sih diajak "Aye Aye"!



(up/wdw)
News Feed