Rabu, 05 Des 2018 15:01 WIB

Trik Unik untuk Anak Takut Disuntik, Beli Mainan sampai Alihkan Perhatian

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Tips ibu biar anak tidak takut saat disuntik. Foto: Lamhot Aritonang Tips ibu biar anak tidak takut saat disuntik. Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Ketakutan anak saat disuntik sering jadi kendala, apalagi kalau sudah masuk waktunya di imunisasi. Duh pusing banget! Apalagi ketakutan-ketakutan yang sering beredar di masyarakat seperti jarum yang patah di dalam atau salah tusuk, hih! Ngeri banget ya dengarnya.

Nah, para ibu muda ini membagikan tipsnya untuk membuat anak tidak takut saat disuntik. Yang pertama ada Ajeng (28), ibu dari Nadif yang saat ini berusia 3 tahun. Ia menuturkan enggak mau tuh menakut-nakuti anak karena justru hal itu bisa bikin anak trauma. Justru dia lebih suka jujur apa adanya ke si jagoan yang akan dibawa ke dokter dan disuntik.

"Awal-awal heboh nangis, tapi lama-lama biasa saja kalau dibilang mau disuntik. Nangisnya pas disuntik doang, abis itu ketawa dan salim lagi sama dokternya," kata Ajeng kepada detikHealth.

"Sekarang malah aku beliin mainan dokter-dokteran yang ada suntikan-suntikannya. Dia suka main jadi dokter-dokteran. Aku bilang, pakai ini kalau mau dibikin sembuh. Eh sekarang sudah enggak heboh lagi tuh kalau disuntik," tambahnya.


Hampir mirip dengan Ajeng, Afinii (29) ibu dari dua anak berusia 3 tahun dan 1 tahun ini mengaku juga memberikan pengertian pada anak sebelum sang buah hati disuntik. Ia juga anti nakut-nakutin anak yang akan disuntik soalnya pernah pengalaman nih, anaknya dulu berani disuntik justru sekarang malah takut karena sering ditakuti orang sekitarnya, huhu.

"Kalau mau cerita, Almeera dulu berani disuntik, akibat sering ditakutin sama orang-orang atau diancam kalau nggak mau apa atau lagi susah dibilangin 'nanti disuntik mau ya?', sekarang kalau mau disuntik jadi berontak. Kalau sudah berontak yaudah, dipegangin banyak orang biar cepat selesai," tuturnya.


Kalau yang ini, tips datang dari ibu muda Mariam (28). Ibunda dari Fathinah Azzahra (5) ini lebih suka untuk tidak memberitahu anak secara gamblang bahwa dia akan disuntik. Mengalihkan perhatian anak adalah hal yang jadi trik andalannya.

"Kalau Zahra biar enggak nangis dibikin dia nggak tahu kalau dia bakal disuntik. Diajak ngobrol jadi dia enggak liat suntikannya. Tau-tau sakit aja. Paling cuma kaget. Tapi kalau dia tahu mau disuntik apalagi liat suntikannya, pasti nangis," tuturnya.

Hmm, Healthy Friends ada trik tersendiri enggak untuk mengatasi anak yang ketakutan saat akan disuntik? Tuliskan pengalamanmu di kolom komentar ya. Yang bapak-bapak juga jangan mau kalah, mungkin punya trik keren lainnya yang bisa dibagikan di sini. Ditunggu!

(ask/wdw)
News Feed