Kamis, 06 Des 2018 15:44 WIB

Pernikahan Murah Jadi Incaran Banyak Orang, Positif kah?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Iustrasi pernikahan murah. Foto: thinkstock Iustrasi pernikahan murah. Foto: thinkstock
Jakarta - Tren pernikahan dengan biaya murah tampaknya akan berkembang di kalangan masyarakat. Apalagi, baru-baru ini beauty vlogger Suhay Salim hanya melangsungkan pernikahan di KUA tanpa adanya pesta besar-besaran.

Menurut psikolog dari Personal Growth, Wulan Ayu Ramadhani, MPsi, tren nikah murah ini bisa menjadi alternatif mengelola biaya pernikahan.

"Jika melihat tidak jarang orang berutang untuk membiayai pernikahan, tren ini bisa membuat orang memiliki alternatif dalam mengelola budget pernikahannya," ujarnya kepada detikHealth baru-baru ini.



Wulan mengatakan bahwa tidak jarang orang menggelar acara pesta pernikahan semewah mungkin untuk menunjukkan status mereka. Sehingga pernikahan justru jadi suatu beban yang harus dilaluinya.

"Ada beban tersendiri jika resepsi tidak sesuai dengan 'pernikahan impian' yang diharapkan oleh diri sendiri, atau tidak terlihat 'wow' bagi orang lain," imbuhnya.

Tren nikah murah diharapkan Wulan bisa mengembalikan esensi dari pernikahan itu sendiri, yaitu untuk memulai babak baru dalam kehidupannya. Bukan lagi untuk menunjukkan kemampuan diri menggelar suatu acara dengan meriah.



(wdw/kna)
News Feed
CNN ID
×
Layar Pemilu Terpercaya
Layar Pemilu Terpercaya Selengkapnya