Jumat, 07 Des 2018 10:00 WIB

India Kuras Danau Usai Temukan Mayat Pasien HIV

Firdaus Anwar - detikHealth
Virus HIV tidak menular melalui air yang tercemar. (Foto: Reuters) Virus HIV tidak menular melalui air yang tercemar. (Foto: Reuters)
Jakarta - Otoritas di Karnataka, India, dilaporkan berusaha menguras air danau setelah menemukan mayat seorang wanita yang positif terinfeksi human immunodeficiencies virus (HIV). Menurut petugas pengurasan dilakukan karena warga setempat khawatir air danau tercemar oleh virus.

Padahal umumnya HIV sendiri hanya bisa ditularkan bila seseorang terpapar darah atau melakukan hubungan seksual dengan pasien. Selain itu HIV juga diketahui bisa ditularkan seorang ibu ke anaknya dalam kandungan atau lewat air susu.

"Kami sudah berusaha sebisa mungkin meyakinkan warga kalau airnya akan kami periksa terlebih dahulu. Tapi mereka tetap tidak peduli bahkan takut untuk mendekati danau," kata salah satu petugas Naveen Hulur seperti dikutip dari Reuters, Jumat (7/12/2018).



Menurut informasi danau berada di dekat desa Morab sekitar 440 kilometer dari ibu kota dengan luas mencapai 13 hektar.

Danau tersebut merupakan sumber air penting bagi masyarakat yang kini sedang terpengaruh kemarau. Sekitar 10 ribu orang bergantung pada air danau untuk bercocok tanam.

Menurut Naveen proses pengurasan danau sudah berjalan selama empat hari tanpa dirincikan biayanya. Selama dikuras air segar dari sungai sekitar dipompa untuk mengisi kembali air danau.




Tonton juga ' Dinkes Jakarta Sediakan Obat Gratis Bagi Pengidap HIV ':

[Gambas:Video 20detik]

(fds/up)
News Feed
CNN ID
×
Layar Pemilu Terpercaya
Layar Pemilu Terpercaya Selengkapnya