Jumat, 07 Des 2018 11:00 WIB

Ahli Batasi Makan Kentang Goreng Enam Potong Per Hari, Netizen Protes

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ahli nutrisi berpendapat enam potong kentang goreng cukup. (Foto: iStock) Ahli nutrisi berpendapat enam potong kentang goreng cukup. (Foto: iStock)
Jakarta - Siapa yang nggak suka makan kentang goreng? Rasanya yang gurih dan renyah membuat banyak orang memilih kentang goreng untuk dijadikan sebagai cemilan bahkan pengganti nasi.

Tapi pecinta kentang goreng nampaknya akan kecewa. Sebab, pakar nutrisi Harvard University, Dr Eric Rimm, mengatakan porsi yang sehat untuk konsumsi kentang goreng hanya enam potong per hari.

"Tidak banyak orang yang mengembalikan tiga perempat porsi ketika memesan kentang goreng. Saya pikir itu akan lebih sehat ketika makananmu berisi salad dan enam potong kentang goreng," katanya dikutip dari nytimes.

Dalam akun twitternya, Rimm menyarankan agar restoran baiknya menawarkan porsi yang kecil sebagai pilihan saat mengorder kentang goreng tetapi tidak ingin terkena penyakitnya.



Tapi kan kentang sayuran? Kok bisa hanya segitu batasan makannya?

Sejalan dengan hal tersebut, nutrisionis dari Center for Science, Lindsay Moyer, mengatakan kentang goreng biasanya dikonsumsi berbarengan dengan junk food atau dibumbui penyedap rasa yang menurunkan nutrisi dari kentang itu sendiri.

Menanggapi hal ini, banyak netizen yang kaget dan beranggapan bahwa enam potong kentang goreng setara dengan satu kali suapan. Bahkan menurut mereka jumlah ini sangat tidak layak untuk masuk dalam perutnya.

Konsumsi kentang goreng terlalu banyak akan meningkatkan risiko obesitas, diabetes, dan penyakit kardiovaskular tiga kali lebih besar daripada kentang yang direbus atau diolah dengan cara lain.

(kna/up)
News Feed