Minggu, 09 Des 2018 11:03 WIB

Miss World 2018 Ternyata Penyelam Scuba Berlisensi, Ini Lho Manfaatnya

Rosmha Widiyani - detikHealth
Penganugerahan Miss Wolrd 2018 pada Vanessa Ponce De Leon asal Meksiko. Foto: REUTERS/Jason Lee
Jakarta - Miss World 2018 jatuh kepada Miss Mexico Vanessa Ponce de Leon, yang menggantikan juara sebelumnya Miss India Manushi Chhillar. Proses penganugerahan Miss World digelar di Sanya, China pada Sabtu (08/12/2018).

Vanessa mengalahkan 117 kontestan lainnya dari seluruh dunia termasuk Indonesia. Dikutip dari India Today, Vanessa ternyata seorang penyelam scuba berlisensi. Sertifikasi ini menegaskan kepiawaian wanita 26 tahun ini dalam menyelam.


Olahraga menyelam telah terbukti tak hanya menyehatkan fisik tapi juga meredakan stres. Sebagai olahraga air, menyelam menyaratkan kemampuan berenang sebelum terjun menyelam. Gerakan renang yang melawan tekanan air memungkinkan tubuh menerapkan latihan otot dan kardiovaskuler.

Ilustrasi wanita sedang scuba diving.Ilustrasi wanita sedang scuba diving. Foto: iStock


Seiring otot yang makin kuat, fleksibilitas dan stamina tubuh juga semakin baik. Seperti renang, menyelam juga membentuk otot dan postur tubuh menjadi lebih baik. Otot hasil bentukan renang dan scuba dapat dilihat di paha yang menjadi lebih berisi, serta bahu yang terlihat lebih lebar.

Manfaat lain menyelam adalah latihan pernapasan yang menjadi lebih pelan dan dalam. Latihan ini untuk meningkatkan efektivitas penggunaan oksigen saat di dalam air. Latihan pernapasan juga membentuk sikap menjadi lebih tenang dan mengurangi risiko cedera yang mengenai paru.

Saat berada di bawah permukaan air, seorang penyelam menggunakan alat bantu pernapasan yang disebut skuba atau scuba.


Tonton juga 'Vanessa Ponce de Leon jadi Miss World 2018 ':

[Gambas:Video 20detik]

Miss World 2018 Ternyata Penyelam Scuba Berlisensi, Ini Lho Manfaatnya
(Rosmha Widiyani/up)