Rabu, 12 Des 2018 13:15 WIB

Mau Tahu Rahasia 'Awet Ayu'? Kata Puan Maharani, Rajin Minum Jamu

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Minum jamu, jadi rashasia Menko PMK, Puan Maharani, agar awet ayu. (Foto: Rina Atriana/detikcom) Minum jamu, jadi rashasia Menko PMK, Puan Maharani, agar awet ayu. (Foto: Rina Atriana/detikcom)
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani, mengaku suka sekali minum jamu sejak kecil. Inilah yang dipercayainya menjadi alasan di balik wajahnya yang awet muda dan selalu nampak segar.

Sejak kecil, Puan mengaku sudah biasa dicekoki beras kencur dan kunyit asem oleh ibunda, Megawati Soekarno Putri.

"Saya pas kecil bilang 'apaan sih, nggak mau' tapi ibu saya bilang 'minum aja minum'. Ada mbok jamu gendongan datang ke rumah saya, taruh satu botol jamu ke kulkas. Tapi jamu kan paling maksimal tiga hari, bayangin satu botol saya harus minum dalam 3 hari," tutur Puan dalam acara Gerakan UMKM Jamu Berdaya Saing dan Herbal Indonesia Expo oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI, Rabu (12/12/2018).


Setiap hari ia harus meminumnya, namun saat ditanyakan apa khasiat dari jamu tersebut, ibunya hanya bicara 'nanti kamu liat khasiatnya kalau kamu sudah menikah dan melahirkan'. Menginjak remaja, jamu yang dikonsumsinya makin bervariasi dan sudah terbiasa untuk mengonsumsi jamu yang rasanya paling pahit sekalipun.

"Yaudah daripada tiap hari berantem sama ibu. Dari tutup hidung, minum air putih, ada teh manis, penghilang rasanya banyak banget deh, sampai akhirnya yang paling pahit saya telan karena sudah biasa. Sampai saya kemudian menikah dan melahirkan, ibu bilang 'itulah coba kamu enggak nurut sama mama, belum tentu kamu bisa awet ayu kayak sekarang," tuturnya diiringi gelak tawa.

"Alhamdulillah anak saya umur 20 tahun, enggak ada yang nyangka kan Ibu Puan punya anak umurnya sudah 20 tahun?" tanya Puan.


Kalau Puan masih rajin minum jamu, di antara kalian masih ada yang menenggak ramuan tradisional ini juga enggak? Coba tuliskan di kolom komentar beserta alasan kamu masih mau minum jamu. (ask/up)
News Feed