Kamis, 13 Des 2018 11:56 WIB

Anak Ussy Sulistiawati Dibully, Ini Dampak Perundungan Bagi Psikolgis

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Anak Ussy dibully, perundungan membuat anak merasa tidak berdaya. (Foto: Noel/detikFoto)
Jakarta - Penyanyi Ussy Sulistiawati mendapat perlakuan kurang menyenangkan dari netizen. Belum lama ini, anaknya dibully oleh beberapa orang di sosial media yang menuliskan komentar bernada negatif mengenai bentuk tubuhnya.

Mendapat komentar tersebut, anak Ussy jadi sering membandingkan dirinya dan sang bunda sampai ingin terlihat kurus dan cantik.

"Seminggu sebelum kejadian, Amel nggak pernah makan. Nah, Amel ternyata tahu dia dibully dikasih tahu temannya. Dia nggak mau makan biar kurus lewat caranya dia. Aku bilang, mau kurus bisa lewat olahraga apa gimana," kata Ussy Sulistiawaty dikutip dari detikHot, Kamis (13/12/2018).

Bully tentunya perbuatan atau tindakan yang tidak dibenarkan oleh siapapun. Sebuah penelitian dari American Journal of Psychiatry, anak yang mendapat perlakuan bully dapat terus mempengaruhi hidupnya hingga usia paruh baya.



"Anak-anak yang diganggu, dan terutama mereka yang sering diganggu, terus berisiko atau mengalami trauma terhadap lingkungan sosial, kesehatannya hingga empat dekade," kata Dr Ryu Takizawa, dikutip dari Teensafe.

Cyberbullying atau perundungan yang dilakukan secara online juga menimbulkan risiko terkena depresi dan kecenderungan menyakiti diri sendiri. Merasa tidak berdaya sehingga mempengaruhi tumbuh kembang anak.


Tonton video: Nyesal, Pelaku Pembully Minta Maaf ke Ussy Sulistiawaty

[Gambas:Video 20detik]



Mendapati putrinya merasa stres akibat mendapat bully dari netizen, Ussy tidak tinggal diam. Saat ini dia bersama tim kuasa hukumnya melaporkan beberapa akun ke pihak yang berwajib dengan tuntutan penyebaran nama baik.

"Kita sepakat kalau laporan ini sampai ke pengadilan. Ada permintaan maaf silakan, pokoknya proses hukum sampai ke pengadilan agar ada efek jera," ungkap Shandy, kuasa hukum Ussy, dikutip dari detikHot.



(kna/up)