Jumat, 14 Des 2018 10:07 WIB

Dear Ladies! Dokter Titip Pesan Biar Lipstik Tak Jadi Penyebab Kanker Mulut

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Benarkah lipstik memicu kanker mulut? (Foto: Thinkstock) Benarkah lipstik memicu kanker mulut? (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Lipstik dan alat-alat rias lainnya memang sedang sangat diminati tinggi dewasa ini. Namun ada kekhawatiran akan dapat menimbulkan kanker dari zat-zat tertentu yang terkandung di dalamnya. Apakah benar?

"Memang ada zat zat kimia yang memang membuat alergi, membuat sistem imun tubuh menolak. Nah, penolakan ini kan antibodi melawan antigen, sebenernya bukan jadi kanker, tapi akan menimbulkan masalah-masalah yang berkaitan dengan gen," terang Dr drg Sri Hananto Seno, SpBM(K), MM, ahli spesialis bedah mulut, di Jakarta Pusat, Kamis (13/12/2018).



Dokter yang juga menjabat sebagai ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) ini melanjutkan, lama-lama memang perubahan sel ini bisa saja, tapi kapan jadi kanker? "Tidak akan ada yang pernah tahu kapan sel-sel normal di tubuh kita ini akan jadi kanker. Tapi, semua sel di tubuh kita berpotensi untuk jadi kanker," tegasnya.

Oleh karena itu ia menyarankan jangan menggunakan alat-alat rias yang memiliki zat kimia yang tidak memberikan manfaat. drg Seno belum tahu persis apa zat berbahaya tersebut, namun walau make-up bisa membuat cantik tetap hindari apabila memiliki kandungan tertentu yang berisiko membuat iritasi.

"Contohnya, jika muncul kemerahan di kulit maka disarankan hentikan penggunaan segera. Karena berpotensi merubah sel jadi bermutasi. Namun untuk hal ini masih diperlukan penelitian lebih dalam dan lanjut," pungkasnya.




Tonton juga video 'Nggak Cuma Buat Bibir, Ini Fungsi Lain Lipstik!':

[Gambas:Video 20detik]

(frp/up)
News Feed