Minggu, 16 Des 2018 18:15 WIB

Cerita Pria Kena Infeksi Paru-paru Karena Cium Kaus Kaki Bau

Firdaus Anwar - detikHealth
Sebaiknya kaus kaki diganti setiap hari. (Foto: Thinkstock) Sebaiknya kaus kaki diganti setiap hari. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Seorang pria diketahui bernama Peng dari Fujian, China, dilaporkan mengalami kasus yang unik. Ia dirawat di rumah sakit karena infeksi paru yang berkaitan dengan kebiasannya mengendus kaus kaki sendiri.

Pria berusia 37 tahun tersebut dilaporkan oleh media setempat mengaku ketagihan mencium bau kaus kakinya. Setiap akan berangkat kerja Peng selalu menyempatkan waktu mencium kaus kaki tanpa mencurigai ada risiko.



Pada akhirnya Peng lama-lama mengalami keluhan batuk dan nyeri dada. Saat diperiksa, dr Mai Zhuanying dari Rumah Sakit Zhangzhou No. 909 menemukan bahwa paru-paru Peng terinfeksi parah oleh fungi yang tumbuh di kaos kaki.

Normalnya tidak semua fungi yang masuk ke saluran napas menciptakan masalah kesehatan. Hanya saja kemungkinan ada momen di mana sistem imun Peng sedang dalam keadaan lemah sehingga fungi di paru-parunya bisa berkembang menyebabkan kerusakan.

"Kasus infeksi ini bisa dikaitkan dengan kondisi pasien yang kurang istirahat karena harus merawat anaknya di rumah, berujung pada pelemahan sistem imun," kata dr Mai kepada Fujian Daily dan dikutip dari Daily Mail, Minggu (16/12/2018).

Setelah menjalani pengobatan kongisi Peng membaik dan dilaporkan akan sembuh total.

Nah kalau kamu sendiri bagaimana, apakah termasuk orang yang punya kebiasaan jarang ganti kaus kaki dan menciumnya kalau sudah bau?

(fds/up)
News Feed