Selasa, 18 Des 2018 11:53 WIB

Menkes Sebut Peran Peneliti Masih Dipandang Sebelah Mata

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Nila sebut peneliti masih sering dipandang sebelah mata. Foto: Aisyah/detikHealth
Jakarta - Indonesia punya banyak hal yang bisa dibanggakan, mulai dari tanaman herbal yang melimpah sampai dengan sumber daya manusia (SDM) yang tidak kalah bersaing, semisal para peneliti kita. Dalam kesempatan tersebut, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila F. Moeloek, mengingatkan mengenai peranan peneliti yang kerap kali dilupakan oleh maisyarakat.

"Saya sangat apresiasi (peneliti). Ambil saja contoh, mereka harus masuk ke pedalaman-pedalaman. Mereka harus naik perahu, harus menyatu (dengan alam), dan risikonya tentu ya bisa sampai kematian, kita bisa kalau salah-salah bisa mendatangkan dampak bagi peneliti," kata Nila.

Masih kata Nila, peneliti merupakan salah satu profesi yang seharusnya diangkat dan dihargai. Meski begitu, masih ada saja pola pikir yang beranggapan peneliti tempatnya di 'belakang'.


"Kita selalu menganggap peneliti itu di belakang, padahal tanpa peneliti itu kita tidak bisa mengambil keputusan yang tepat," ujar Nila.

"Peneliti itu bukan cuma di laboraturium, tapi di lapangan dan Riskesda (Riset Kesehatan Dasar) kan kita harus melakukan wawancara. Kadang-kadang kita nolak, jawabnya masa bodoh, padahal itu penting," tambahnya.

(ask/up)