Kamis, 20 Des 2018 08:38 WIB

Madu dan Telur Ayam Kampung Tingkatkan Kesuburan, Mitos atau Fakta?

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ramuan telur ayam campur madu sering dianggap bisa meningkatkan kesuburan. (Foto: Istock) Ramuan telur ayam campur madu sering dianggap bisa meningkatkan kesuburan. (Foto: Istock)
Jakarta - Konsumsi madu dan telur ayam kampung kerap dianggap mampu meningkatkan kesuburan pada pria atau wanita. Anggapan ini tidak sebetulnya salah karena madu dan telur ayam kampung memang asupan yang kaya gizi. Namun tingkat kesuburan tidak hanya ditentukan berdasar dua asupan tersebut.

"Konsumsi telur ayam kampung dan madu harus seimbang dengan asupan lain, misal sayur dan buah. Riset membuktikan ada tiga jenis nutrisi yang membantu kesuburan pada pria dan wanita," kata dokter ahli kandungan dan kehamilan dr Beeleonie BMedSc SpOG (K).

Nutrisi tersebut adalah asam folat, antioksidan, dan asam lemak omega 3. Asam folat mampu mempengaruhi fungsi ovarium dan meningkatkan kesuburan pada pria. Beeleonie menyarankan konsumsi asam folat sebanyak 400 mikrogram per hari selama tiga bulan sebelum hamil.



Sumber nutrisi berikutnya adalah whole grain yang kaya antioksidan. Kandungan ini melindungi tubuh dari radikal bebas, sehingga membantu meningkatkan kesuburan pada pria. Pria yang subur berpeluang lebih besar membuahi pasangannya.

Jenis nutrisi berikutnya yang wajib rutin dikonsumsi adalah asam lemak omega 3. Nutrisi ini mampu menjaga kualitas sel telur, sehingga bisa matang dan siap dibuahi sperma. Sel telur dan sperma yang sehat berpeluang lebih besar menjadi janin. Beberapa sumber nutrisi asam lemak omega 3 adalah ikan, telur, dan kacang-kacangan.

(up/up)
News Feed