Selasa, 25 Des 2018 16:31 WIB

Ini Tandanya Kamu Alergi Pohon Natal dan Cara Mencegahnya

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Halaman 1 dari 5
Pohon Natal. Foto: Lamhot Aritonang Pohon Natal. Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Pohon natal adalah hal yang paling disenangi saat natal. Menghiasnya saja sudah menjadi kesenangan tersendiri. Akan tetapi ternyata pohon natal bisa menjadi pemicu alergi, lho.

Pohon natal yang dibuat menggunakan pohon sungguhan dapat menyimpan jamur, debu, dan serbuk sari, dan beberapa orang alergi terhadap getah pohon. Tetapi bukan berarti yang pakai pohon buatan jadi terlepas dari risiko. American College of Allergy, Asthma, and Immunology (ACAAI) memperingatkan bahwa pohon-pohon buatan juga dapat menjadi pemicu alergi karena mereka juga menyembunyikan debu dan jamur.

"Banyak orang tidak menyadari bahwa jamur itu juga tumbuh secara alami di pohon Natal," kata ahli asma dari Inggris, Dr Andy Whittamore kepada Express.

Alergi pada pohon natal atau kerap disebut sindrom pohon natal menimbulkan alergi dan ini menyebabkan gejala seperti demam, mata dan hidung gatal, nyeri pada dada hingga menimbulkan batuk.

Dikutip dari Very Well Health, alternatif apapun yang kamu pilih, berikut adalah beberapa tips untuk mengurangi alergen dalam ruangan.

(up/up)