Rabu, 26 Des 2018 09:30 WIB

Mantan Miss International Akui Butuh Transplantasi Ginjal

Widiya Wiyanti - detikHealth
Bea Rose Santiago akui butuh transplantasi ginjal karena mengalami gagal ginjal kronis. Foto: Repro Instagram Bea Rose Santiago akui butuh transplantasi ginjal karena mengalami gagal ginjal kronis. Foto: Repro Instagram
Jakarta - Miss International 2013, Bea Rose Santiago mengaku bahwa ia membutuhkan transplantasi ginjal yang bisa menyelamatkan nyawanya karena mengidap penyakit ginjal kronis.

Dikutip dari Daily Mail, ratu kecantikan Filipina ini selama ini hidup dengan mesin dialisis untuk membantu ginjalnya berfungsi. Namun kondisinya belakangan ini makin memburuk.

"Yeah... gagal ginjal. Saya didiagnosis beberapa bulan lalu," tulisnya di akun Instagram @bea.santiago.

"Saya hidup karena sebuah mesin, mesin dialisis saya dan para dokter dan perawat di Home Hemo Dialysis centre di Toronto General," lanjutnya.



Awalnya ia merasakan ada yang tidak beres dengan tubuhnya sekitar tahun lalu. Ia merasa migrain para dan menjalani beberapa tes kesehatan untuk mengetahui penyebabnya.

Dokter di Filipina memberitahu Santiago bahwa fungsi ginjalnya telah menghilang. Disebut bahwa adanya tingkat berbahaya dari cairan dan limbah yang menumpuk dalam tubuhnya.

Awalnya Santioago tidak percaya, ia sempat terbang ke Jepang untuk mengonfirmasi kondisinya itu. Diagnosis pun tetap sama. Alhasil ia segera menjalani pengobatan di Toronto.



Setelah itu, ia pun mengatakan di sebuah acara televisi Filipina Balitanghali bahwa ia mencurigai suplemen olahraga yang diminumnya secara rutin.

"Saya baru saja meningkatkan intensitas latihan saya dan saya mengambil sedikit bantuan dari itu (suplemen olahraga)," katanya dikutip dari GMA Network.

Suplemen yang diminumnya mengadung kreatin yang cukup tinggi, yaitu suatu zat untuk memproduksi energi otot namun jika melebihi batas normal akan mengganggu fungsi ginjal dan dapat menyebabkan gagal ginjal.

Di Toronto, Santiago pun akan bertemu dengan calon donor ginjal hidup. Semoga lekas sembuh.



Simak juga video 'Melania Trump Jalani Operasi Ginjal':

[Gambas:Video 20detik]

(wdw/up)