detikhealth

Masih 25 Tahun, Kenapa Selena Gomez Bisa Gagal Ginjal?

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Jumat, 15/09/2017 11:06 WIB
Masih 25 Tahun, Kenapa Selena Gomez Bisa Gagal Ginjal?Foto: Getty Images
Jakarta, Aktris dan penyanyi Selena Gomez membuat heboh setelah mengaku menjalani transplantasi ginjal akibat penyakit gagal ginjal yang dialaminya. Ternyata Selena mengalami gagal ginjal akibat komplikasi penyakit lupus yang diidapnya.

Pengakuan Selena tertuang dalam postingan instagram terbarunya. Wanita 25 tahun ini mengaku sengaja mengurangi aktivitas promosi album terbarunya untuk melakukan transplantasi ginjal dan beristirahat.

"Aku membutuhkan transplantasi ginjal karena penyakit lupus yang aku alami, dan aku sedang dalam masa penyembuhan. Inilah yang aku butuhkan untuk saat ini demi menjaga kesehatanku," tutur Selena.

Ia juga meminta pengertian para penggemar untuk membiarkannya istirahat selama beberapa bulan. Tak lupa, ia mengucapkan terima kasih kepada para dokter, keluarga, dan kerabat yang telah menemani dan menjaganya selama ia sakit.

Ucapan terima kasih khusus ia sampaikan kepada sahabatnya, Francia Raisa, yang telah mendonorkan ginjalnya untuk Selena.

Baca juga: Kata Dokter Soal Takaran Minum untuk Pasien Gagal Ginjal

"Tidak ada kata yang bisa mengungkapkan terima kasihku untuk temanku yang cantik Francia Raisa. Dia memberiku hadiah terindah dan rela mendonorkan ginjalnya untukku," paparnya.

Terakhir, ia juga memberikan pesan soal betapa penyakit Lupus masih kurang mendapat perhatian. Seperti yang diketahui, Selena merupakan pasien Lupus dan sudah beberapa tahun ini menjalani pengobatan.


Selena Gomez menjalani transplantasi. Selena Gomez menjalani transplantasi. Foto: Instagram/selenagomez

Gagal Ginjal karena Lupus

Pengakuan Selena membuat kewaspadaan soal penyakit Lupus meningkat. dr Naveed Masani dari Winthrop Hospital, New York University, mengatakan Lupus memang salah satu penyakit autoimmune yang rentan menyebabkan komplikasi.

"Sekeitar 60 sampai 90 persen pasien Lupus mengalami komplikasi ginjal. Sisanya mengalami komplikasi tulang, jantung, liver hingga pankreas dan otak," tutur dr Masani, dikutip dari USA Today.

Mengapa Lupus bisa menyerang ginjal? Menurut dr Masani, hal ini terjadi karena penyakit autoimmune menyerang tubuh pengidapnya. Racun yang terkumpul mengendap di ginjal, membuatnya sulit memisahkan racun yang akan dibuang dengan darah.

Proses ini akan membuat fungsi ginjal menurun dengan cepat, dan akhirnya ginjal tak bisa berfungsi kembali, atau yang dalam bahasa medis disebut sebagai gagal ginjal. Jika sudah demikian satu-satunya cara agar pasien bisa bertahan hidup adalah dengan cuci darah atau menjalani transplantasi ginjal.

"Bagi pasien Lupus seperti Selena, transplantasi menjadi jalan terbaik karena cuci darah atau dialisa tidak bisa dilakukan dalam jangka panjang karena dapat membebani jantung," ungkapnya.

Baca juga: Tak Hanya Orang Dewasa, Anak Juga Bisa Kena Lupus(mrs/fds)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit