Rabu, 26 Des 2018 13:58 WIB

Disebut Idap Skoliosis, Miss Universe 2018 Pernah Menangis Kesakitan

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Catriona Gray. Foto: REUTERS/Athit Perawongmetha Catriona Gray. Foto: REUTERS/Athit Perawongmetha
Jakarta - Baru saja menyabet gelar Miss Universe 2018, Catriona Gray asal Filipina disebut memiliki masalah kesehatan. Dikutip dari ABS-CBN, ia dikatakan mengidap skoliosis yang membuatnya pernah menjerit kesakitan saat berlatih untuk ajang kecantikan nomor wahid tersebut.

Hal tersebut dituturkan oleh mentornya, Nicole Cordoves. Ia menyebut bahwa wanita berdarah Australia-Filipina tersebut memang memiliki skoliosis, dan saat latihan-latihan awalnya ia sempat menangis kesakitan karena tak mampu menahan nyeri saat berpose yang bagaikan 'kutukan' karena kelainan tulang yang diidapnya itu.


"Karena skoliosisnya, Catriona tidak bisa sesuai dengan apa yang dianggap khalayak sebagai 'seksi' di mana mereka bisa melihat lekukan tubuh dan tidak adanya tanda-tanda 'kewanitaan' yang memang melekat pada tiap wanita. Namun ia menganggap tiap kritik adalah pembelajaran soal standar kecantikan dan menjadi dirimu sendiri yang terbaik," imbuh Nicole yang juga menjadi pemenang kedua pada ajang Miss Grand International 2016 ini.

Skoliosis merupakan kelainan tulang belakang yang melengkung menyerupai huruf S atau huruf C. Masalah kesehatan ini bisa ditangani dengan operasi atau hanya melatih postur tubuh, namun jika tak segera ditangani, ada beberapa dampak berkepanjangan yang bisa dialami pasien.

Dokter spesialis tulang, dr Benedictus Megaputera SpOT, MSi, menjelaskan kepada detikHealth beberapa waktu lalu skoliosis awalnya bisa menimbulkan dampak paling ringan yakni keluhan nyeri otot di daerah punggung, namun bisa berangsur-angsur menimbulkan gangguan pada fungsi paru-paru dan jantung.

"Tekanan atau desakan terjadi akibat tulang belakang yang mengalami skoliosis. Nah, pendesakan yang berat dan berlangsung lama tentu bisa berakibat fatal," tandas dokter yang praktik di Siloam Hospitals Surabaya ini.

(frp/up)