Kamis, 27 Des 2018 15:57 WIB

Tak Bertumor, Leukemia Punya Penanganan Berbeda dari Kanker Lainnya

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Satu penanganan leukemia ini berbeda dari kanker lainnya. Foto: ilustrasi/thinkstock Satu penanganan leukemia ini berbeda dari kanker lainnya. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Musisi tanah air Dian Pramana Poetra positif terdiagnosis kanker darah atau leukemia stadium empat usai pingsan saat manggung di Banyuwangi. Kini ia tengah dirawat di salah satu rumah sakit di Jakarta dan kabarnya ia dalam kondisi kritis.

Pengobatan untuk leukemia tergantung dari banyak faktor, seperti usia, kesehatan secara keseluruhan, jenis leukemia yang diidap, dan apakah telah menyebar ke beberapa bagian tubuh, termasuk sistem saraf pusat.

Karena tergolong kanker yang tidak memiliki tumor, leukemia memiliki satu penanganan yang berbeda dari kanker lainnya yaitu dengan transplantasi tulang sumsum atau transplantasi sel punca. Merupakan prosedur yang akan menggantikan sum-sum tulang yang berpenyakit dengan yang sehat.


Bagian sumsum tulang sangat penting untuk perbaikan dan penggantian sel darah tubuh kita. Sumsum tulang menghasilkan 200 miliar sel darah merah baru setiap hari, bersamaan dengan sel darah putih dan trombosit. Pasien bisa mendapatkannya lewat donor atau dalam beberapa kasus bisa menggunakan sel punca dari tubuh sendiri.

"Sel punca hematopoietik menghasilkan sel darah merah, yang mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh, sel darah putih, yang membantu menangkal infeksi dan trombosit, yang memungkinkan darah membeku dan luka sembuh. Sel-sel ini ditemukan di sumsum tulang, bagian terlunak di dalam tulang. Beberapa sel induk hematopoietik bersirkulasi dari sumsum ke dalam aliran darah," tulis situs Mayo Clinic.


Sebelum menjalani transplantasi, pasien akan menjalani kemoterapi atau terapi radiasi dengan dosis tinggi untuk menghancurkan sum-sum yang sakit. Lalu setelah itu, akan disuntikkan sel-sel punca pembentuk darah yang akan membantu membangun kembali sum-sum tulang.

Kemudian penanganan lainnya adalah kemoterapi. Bergantung dari jenis leukemia yang diidap bisa mendapatkan satu jenis obat atau kombinasi dari beberapa obat, bisa berbentuk pil atau disuntikkan melalui pembuluh darah.

Terapi lainnya juga bisa digunakan, seperti terapi biologis yang bekerja untuk membantu sistem imun mengenali dan melawan sel-sel leukemia. Lalu terapi target (menggunakan obat untuk mengontrol penyakit) dan juga terapi radiasi juga digunakan seperti pada pengobatan kanker lainnya.

(frp/up)
News Feed