Jumat, 28 Des 2018 08:00 WIB

Dian Pramana Poetra Meninggal, Bisakah Leukemia Diketahui Sejak Awal?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Foto: Dian Pramana Poetra (dok. YouTube)
Jakarta - Dunia musik berduka, sang musikus Dian Pramana Poetra meninggal dunia pada Kamis (27/12) malam. Sebelumnya ia telah berjuang melawan kanker darah atau leukemia stadium 4 yang baru ia ketahui.

Bisakah jenis kanker darah itu diketahui sejak awal? Menurut American Cancer Society di laman resminya, tidak ada tes atau pemeriksaan khusus untuk mendeteksi leukemia.

Cara terbaik untuk mendeteksinya secara dini adalah dengan lebih sadar akan tanda-tanda awal kanker darah ini, juga adanya peningkatan faktor risiko pada diri sendiri.



Misalnya menemukan gejala pucat, kelenjar getah bening yang membengkak, mengalami perdarahan di hidung atau gusi, memar yang tidak diketahui penyebabnya, demam, kelelahan, atau adanya pembesaran hati atau limpa, sebaiknya semua itu perlu diwaspadai.

Dikutip dari Mayo Clinic, ada beberapa rangkaian pemeriksaan yang dilakukan untuk mendiagnosis leukemia:

- Pemeriksaan fisik: Dokter akan mencari tanda awal di tubuh seperti yang disebutkan di atas.
- Tes darah: Dengan ini dapat memperlihatkan kadar sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit yang tidak normal.
- Tes sumsum tulang: Sumsum tulang diangkat menggunakan jarum panjang dan tipis, kemudian sampel dikirim ke laboratorium untuk mencari adanya sel-sel kanker.

Semakin awal kanker darah ditemukan, maka akan semakin mudah untuk diobati. Maka dari itu, pentingnya untuk lebih memperhatikan segala perubahan yang terjadi pada tubuh sendiri.



(wdw/up)