Jumat, 28 Des 2018 08:39 WIB

Ingin Mengecilkan Perut Tanpa Olahraga? Ilmuwan Ungkap Rahasianya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Lemak visceral dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan (Foto: iStock) Lemak visceral dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan (Foto: iStock)
Jakarta - Perut menggendut menandakan adanya masalah pada sistem metabolisme. Mereka yang rajin olahraga tidak mengalami masalah tersebut, dan kuncinya ada pada salah satu jenis protein di dalam tubuh.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada 27 Desember 2018 di Cell Metabolism mengungkap peran interleukin-6, salah satu molekul protein yang berperan dalam sistem metabolisme. Orang-orang yang rajin olahraga disebut memiliki protein ini dalam kadar lebih tinggi.

Dalam sebuah eksperimen, para ilmuwan melakukan pengamatan selama 12 pekan pada sekelompok orang dewasa. Olahraga bersepeda dalam eksperimen tersebut terbukti bisa menurunkan lemak perut atau visceral fat. Namun efek ini hilang ketika partisipan mendapat obat yang menghalangi sinyal interleukin 6.



Helga Ellingsgaard dari University of Copenhagen yang turut melakukan penelitian itu meyakini interleukin 6 juga berperan penting dalam regulasi dan metabolisme energi. Molekul ini memecah lemak pada orang sehat.

Lalu inovasi apa kira-kira yang bisa dikembangkan agar bisa kurus tanpa olahraga? Mungkin bisa, jika para ilmuwan bisa menginjeksikan interleukin 6 sehingga kadarnya meningkat tanpa harus diproduksi sendiri oleh tubuh.

Namun para ilmuwan tetap menyarankan untuk olahraga. Olahraga teratur menurut mereka bisa menurunkan risiko penyakit kardiometabolik.

"Kita semua tahu olahraga mempromosikan kesehatan yang lebih baik," kata salah seorang peneliti, Anne-Sophie Wedell-Neergaard, dikutip dari Medicalexpress.

(wdw/up)