Rabu, 02 Jan 2019 13:21 WIB

6 Obat Asam Urat Alami Paling Ampuh

Niken Widya Yunita - detikHealth
6 Obat Asam Urat Alami Paling Ampuh/Foto: iStock 6 Obat Asam Urat Alami Paling Ampuh/Foto: iStock
Jakarta - Asam urat merupakan penyakit akibat dari konsumsi zat purin secara berlebihan seperti hati, ampela, paru, usus, kepiting, kerang, udang, cumi dan daging merah. Purin adalah senyawa dalam DNA yang dapat dimetabolisasi menjadi asam urat.

Asam urat menumpuk di persendian dan menyebabkan peradangan dan rasa sakit. Beberapa solusi alami dapat membantu. Namun, jika rasa sakit terus berlanjut, hubungi dokter sebelum mencoba salah satu solusi di bawah ini.

Gejala asam urat umumnya nyeri sendi dan bengkak. Pusat nyeri di sendi kaki ditandai dengan warna merah.

Berikut obat asam urat alami seperti dilansir healthline.



1. Ceri

Buah Ceri asam, manis, merah, hitam, dalam bentuk ekstrak, sebagai jus, atau mentah - adalah obat asam urat alami yang sangat populer dan berpotensi berhasil.

2. Jahe

Jahe dapat membantu mengobati asam urat. Konsumsi jahe dengan air mendidih dan sediakan 2 sendok teh jahe selama 10 menit. Nikmati 3 gelas per hari.

Jahe juga dapat ditempelkan ke bagian tubuh yang sakit. Kompres atau tempel jahe dengan air hangat dan rendam waslap. Saat dingin, oleskan waslap ke bagian tubuh yang mengalami rasa sakit. Tempelkan setidaknya sekali sehari selama 15 hingga 30 menit. Jika terjadi iritasi kulit lakukan tes terlebih dahulu.

3. Cuka Apel, Jus Lemon, dan Kunyit

Air hangat dengan cuka sari apel, jus lemon, dan kunyit sering direkomendasikan untuk mengatasi asam urat. Campurkan jus lemon dengan 2 sendok teh kunyit, dan 1 sendok teh cuka sari apel. Minum dua hingga tiga kali sehari.

4. Seledri

Seledri merupakan makanan yang secara tradisional digunakan untuk mengobati masalah kemih. Untuk asam urat, jus dan biji seledri telah menjadi obat asam urat alami populer.

5. Teh Jelatang

Tumbuhan jelatang merupakan obat alami untuk asam urat yang dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit. Tumbuhan ini dapat menyebabkan gatal jika tersentuh kulit dan ditemukan di sebuah kecamatan di kabupaten Bengkulu Selatan.

Untuk mencoba teh ini, buat secangkir dengan air mendidih. Rebus 1 hingga 2 sendok teh jelatang kering per cangkir air. Minumlah hingga 3 gelas per hari.

6. Garam Epsom

Beberapa orang merekomendasikan mandi garam Eepsom untuk mengatasi asam urat. Untuk mencoba garam Epsom, campur 1 hingga 2 cangkir dalam bak mandi. Rendam seluruh tubuh atau hanya sendi tertentu.

(nwy/up)
News Feed